Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Cara Menikmati Sushi Tanpa Menambah Berat Badan

Kompas.com - 01/12/2016, 07:25 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber Shape

KOMPAS.com - Sejatinya, sushi termasuk makanan yang sehat asalkan Anda paham cara menikmatinya dengan benar. Karena, menyantap sushi tanpa aturan, justru dapat membahayakan lingkar pinggang.

Tak hanya itu, Anda pun bisa kehilangan manfaat sehatnya. Simak anjuran para ahli mengenai cara menikmati sushi yang tepat tanpa harus membahayakan program diet.

Pesan salmon dan tuna

Carol Ann Rinzler, penulis buku Nutrition for Dummies, menyebutkan bahwa sushi adalah makanan rendah lemak. Tapi jika Anda tidak memakannya dengan cara yang benar, 'label' rendah lemaknya akan hilang sama sekali.

"Untuk memaksimalkan manfaat sushi, pilih jenis sushi yang kaya omega-3 yang mampu melindungi jantung dan meningkatkan kekuatan otak," kata Rinzler.

Rinzler menyarankan agar Anda menjatuhkan pilihan pada salmon dan tuna, karena keduanya rendah kalori (40 kalori perons untuk salmon dan 42 kalori untuk tuna). Keduanya juga tinggi protein, Omega-3 dan vitamin D.

Tambahkan wasabi

"Wasabi mengandung antioksidan isothiocyanates, yang sama seperti brokoli, mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker," kata Rinzler.

Katakan tidak untuk gorengan

Margaux J. Rathbun, praktisi nutrisi bersertifikat dan pendiri situs gizi Authentic Self Wellness, menyarankan Anda untuk menjauhi gulungan renyah alias menu roll yang digoreng. "Semakin sedikit gorengan yang Anda makan, semakin baik," kata Rathbun.

Pilih menu rebus, panggang dan mentah

"Fokuslah pada menu yang direbus atau kukus atau dipanggang," kata Rathbun. "Salah satu sushi favorit saya adalah sashimi, karena hanya terdiri dari daging ikan tanpa tambahan nasi."

Jangan lupakan sayuran

Biasanya, bagian luar sushi roll ditutupi oleh gulungan rumput laut. Tapi, biar bagaimanapun, jumlah rumput laut dalam seporsi sushi, masih di bawah anjuran konsumsi serat yang direkomendasikan para ahli kesehatan.

Karena itu, alangkah baiknya jika Anda menambah lebih banyak sayuran ke dalam piring makan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com