Selasa, 21 Februari 2017

Health

4 Langkah Penting Menjaga Kesehatan Mata

shutterstock Ilustrasi.

KOMPAS.com - Mata adalah jendela jiwa dan termasuk panca indera yang sangat penting. Tanpa mata, dunia kita akan gelap. Karenanya, merawat mata dengan benar adalah kewajiban. Berikut adalah tip perawatan mata dari Dr. Jeff Goodhew, dokter mata di Abbey Eye Care, Ontario, Kanada.

Memilih kacamata hitam

Sinar UV matahari tidak hanya dapat merusak kulit dan menaikkan risiko kanker kulit, tapi juga dapat memercepat datangnya penyakit mata degeneratif. Karena itu, memakai kacamata hitam saat berada di luar adalah wajib.

Selain itu, kacamata hitam juga berguna melindungi mata Anda dari debu atau kotoran lain yang bisa menyebabkan infeksi mata.

Seringkali kita berpikir, semkin gelap lensa kacamata, semakin banyak proteksi yang kita dapat. Itu salah.

Kata Goodhew, menilai proteksi kacamata hitam bukan dilihat dari warna lensa atau harganya, tapi sebaiknya beli kacamata dengan label sertifikat lulus uji.

Misalnya jika produk dari Australia dan Selandia Baru ada label AS / NZS standar 1067: 2003. Carilah kategori lensa minimal dua, tetapi sebaiknya tiga.

Saran untuk mereka yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer, tablet dan ponsel

Sebaiknya Anda mengikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, layangkan pandang ke arah lain sejauh 20 kaki (6,1 m) selama 20 detik. Hal ini membantu mengatur ulang fokus mata dan mengurangi ketegangan mata.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang terkait kesehatan mata mereka

Menurut Goodhew, kebanyakan orang menganggap bahwa mata mereka sempurna jika mereka dapat melihat dengan baik. Tetapi, uji penglihatan 20/20 hanyalah salah satu aspek.

Mata adalah juga jendela untuk melihat banyak hal mengenai kesehatan Anda. Pemeriksaan mata dapat mengungkapkan sejumlah isu, mulai dari diabetes tipe-2 hingga kanker mata, karena tekanan darah tinggi.

Pemeriksaan rutin yang dianjurkan

Untuk anak-anak, Goodhew menganjurkan pemeriksaan mata pertama dilakukan antara usia enam dan 12 bulan, lalu di usia tiga tahun, kemudian setiap tahun sekali mulai dari usia masuk sekolah.

Untuk orang dewasa setidaknya sekali setiap dua tahun dan setiap tahun bagi mereka yang memakai lensa kontak atau berisiko diabetes, hipertensi atau penyakit tiroid.

Untuk mereka yang berusia mulai 65 tahun, pemeriksaan tahunan sebaiknya ditambah dengan pemeriksaan untuk kondisi mata terkait, seperti degenerasi makula, katarak dan glaukoma.

 

Penulis: Lily Turangan
Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber: Readers Digest,
TAG: