Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kentut Wanita Berbau Menyengat Sebelum Menstruasi?

Kompas.com - 18/11/2022, 22:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum haid atau menstruasi, wanita sering mengeluhkan beberapa gangguan kesehatan terkait pencernaan.

Gangguan terkait pencernaan yang kerap terjadi sebelum menstruasi antara lain sakit perut, mual, sembelit, diare, kembung, sering kentut, hingga kentut berbau lebih menyengat.

Di antara keluhan tersebut, sering ketut dengan bau lebih menyengat mungkin membuat wanita merasa tak nyaman bahkan kehilangan rasa percaya diri.

Baca juga: 5 Penyebab Tidak Menstruasi Setelah Berhenti KB Hormonal

Penyebab kentut berbau menyengat

Kentut yang tidak disadari sebelum menstruasi mungkin membuat Anda merasa malu, namun ini tidak menandakan masalah kesehatan tertentu.

Ya, peningkatan frekuensi kentut sebelum menstruasi dengan bau menyengat adalah kondisi wajar yang disebabkan karena fluktuasi hormon dan makanan yang Anda konsumsi.

Sebelum menstruasi, kadar hormon progesteron wanita mengalami peningkatan. Kenaikan hormon progesteron membuat proses pencernaan di usus menjadi lebih lambat.

Proses pencernaan yang lambat mengakibatkan tinja menumpuk di usus besar. Alhasil, proses fermentasi berlangsung lebih lama dan produksi gas pun meningkat.

 

Selain itu, senyawa yang disebut prostaglandin juga dilepaskan sebelum dan saat Anda mengalami menstruasi. Prostaglandin menyebabkan kram menstruasi dan membuat otot polos menjadi lebih kencang

Sederhananya, prostaglandin tidak hanya membuat Anda merasakan nyeri akibat kram rahim. Prostaglandin juga membuat usus besar Anda bergerak yang menyebabkan kentut dan buang air besar.

“Dalam saluran pencernaan, prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi otot polos yang menyebabkan nyeri gastrointestinal yang meningkat, kembung, dan terkadang diare,” kata dr. Ana Tuyama, ahli gastroenterologi di New York Gastroenterology Associates kepada Health.com.

Ketika produksi prostaglandin meningkat, kembung dan kentut juga terjadi.

Baca juga: 8 Penyebab Menstruasi Berlangsung Lama dengan Perdarahan Hebat

Bagaimana cara mencegah kentut berbau menyengat jelang menstruasi?

Jika kentut yang berbau menyengat membuat Anda tak nyaman, cobalah mengubah menu di piring Anda dengan konsumsi makanan utuh, tanpa proses berlebihan.

Makanan utuh yang dimaksud adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Para wanita juga disarankan untuk menghindari makanan yang sulit dicerna, seperti buncis, jamur, brokoli, dan kembang kol. Makanan tersebut berisiko meningkatkan bau kentut sebelum dan selama menstruasi.

Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui solusi paling tepat. Kentut berbau bisa saja berkaitan dengan sindrom iritasi usus besar atau penyakit radang usus.

Baca juga: 3 Penyebab Darah Menstruasi Berbau Amis dan Menyengat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com