Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gejala Batu Ginjal, mulai dari Sakit Perut hingga Mual dan Muntah

Kompas.com - 09/01/2023, 12:35 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber Health.com

KOMPAS.com - Batu ginjal adalah salah satu masalah kesehatan yang pantang disepelekan. Pasalnya, terkadang gejala batu ginjal terkadang mirip dengan gangguan kencing lainnya. 

Perlu diketahui, batu ginjal adalah batu yang terbentuk dari kalsium dan mineral di dalam urine yang mengkristal atau mengeras di ginjal.

Ukuran batu ginjal bisa kecil-kecil seukuran pasir, hingga cukup besar sampai seukuran kerikil. Untuk itu, ciri-ciri batu ginjal pada setiap penderitanya bisa cukup beragam dari yang ringan sampai parah. 

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit ini, kenali beberapa gejala batu ginjal yang perlu diwaspadai. 

Baca juga: Kenali 5 Jenis Batu Ginjal dan Cara Mendeteksinya

Gejala batu ginjal

Ciri-ciri batu ginjal biasanya muncul ketika batu atau endapan kristal ini menghalangi aliran urine dan tersangkut di saluran kencing.

Beberapa gejala batu ginjal yang kerap dikeluhkan antara lain:

  • Sakit perut bagian bawah yang parah

Penderita batu ginjal biasanya merasakan sakit perut bagian bawah. Rasa sakit tersebut bisa menjalar ke bagian pinggang sampai pangkal paha. 

Pria yang mengalami batu ginjal juga bisa merasakan sakit di bagian testis sampai ujung penis. Sedangkan para wanita, bisa mengalami nyeri di bagian labia atau bibir vaginanya. 

Rasa sakit akibat batu ginjal bisa sangat menyiksa. Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa seperti kram yang parah atau nyeri tajam.

Rasa sakitnya juga bisa datang secara bergelombang, dalam waktu sekejap bisa parah, lalu melemah saat berikutnya.

Baca juga: Tes Apa yang Digunakan untuk Diagnosis Batu Ginjal?

  • Kencing darah

Jika warna urine Anda berubah dari warna kuning biasanya menjadi merah muda, merah, atau coklat, itu menandakan adanya darah dalam urine Anda. Kondisi ini adalah salah satu gejala batu ginjal yang cukup umum.

Kencing darah  disebut hematuria. Terkadang darah ini terlihat dengan mata telanjang, tapi bisa juga darah terkadang hanya terlihat di bawah mikroskop.

  • Buang air kecil tidak normal

Ketika Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin mengalami perubahan dalam kebiasaan buang air kecil Anda.

Perubahan yang terjadi bisa berupa sering kencing, susah atau tidak bisa kencing, rasa panas saat kencing, urine keruh dan baunya tak sedap. 

Baca juga: 11 Obat Alami untuk Mengatasi Batu Ginjal yang Bisa Diramu di Rumah

  • Mual dan muntah

Selain rasa nyeri, ciri-ciri batu ginjal juga bisa memicu mual dan muntah. Gejala ini kemungkinan muncul karena reaksi tubuh terhadap rasa sakit yang parah.

  • Demam

Demam yang terkadang disertai menggigil juga termasuk gejala batu ginjal. Selain itu, kondisi ini juga bisa jadi tanda infeksi saluran kencing (ISK).

Segera cari perawatan medis jika Anda mengalami ciri-ciri batu ginjal di atas. Terlebih jika muncul demam dan nyeri di antara perut dan punggung bagian bawah. Kombinasi gejala ini bisa berkembang menjadi sepsis, atau infeksi yang mengancam jiwa.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Pembentukan Batu Ginjal yang Harus Dihindari


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com