Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sarapan untuk Diet agar Berat Badan Tetap Ideal

Kompas.com - 11/01/2023, 07:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Sarapan sering ditinggalkan karena dinilai berkontribusi besar pada kenaikan berat badan.

Padahal sebenarnya, sarapan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh sepanjang hari dan untuk diet.

Namun, asupan nutrisi perlu diperhatikan agar sarapan bisa efektif menurunkan berat badan. Berikut beberapa tips sarapan untuk diet yang bisa dijajal.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga Ringan di Pagi Hari untuk Menurunkan Berat Badan

Tips sarapan untuk diet

Berikut adalah beberapa tips sarapan untuk diet yang perlu diperhatikan agar efektif untuk menurunkan berat badan.

  • Menghindari makanan atau minuman tinggi gula

Dilansir dari Cleveland Clinic, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula di pagi hari akan berkontribusi dalam meningkatkan rasa lapar sepanjang hari.

Selain tidak baik untuk kesehatan, konsumsi makanan atau minuman tinggi gula akan memicu rasa ketagihan yang akan sulit dikontrol sehingga berkontribusi pada kenaikan berat badan.

  • Menghindari makanan yang tinggi karbohidrat

Menurut MedicineNet, mengonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi bisa memicu rasa lapar sehingga seseorang cenderung tergoda untuk nyemil, khususnya makanan atau minuman yang manis.

Meskipun berguna untuk memberikan energi tambahan pada tubuh, kebiasaan makan makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, seperti memicu kenaikan berat badan, rasa lelah, hingga meningkatkan level gula darah.

Baca juga: 7 Cara untuk Menurunkan Berat Badan secara Alami

  • Mengonsumsi makanan tinggi protein

Mengonsumsi makanan tinggi protein sangat disarankan sebagai menu sarapan untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi makanan yang tinggi protein di pagi hari akan membuat tubuh terasa lebih kenyang dan akan membantu untuk membakar kalori lebih banyak.

Selain itu, sarapan dengan makanan tinggi protein bisa menjaga level gula darah di dalam tubuh sehingga penyerapan karbohidrat lebih efektif dan mendukung penurunan berat badan.

  • Menambah asupan serat

Asupan buah dan sayur yang tinggi serat juga disarankan sebagai menu sarapan.

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi makanan yang tinggi serat tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat, namun juga akan menurunkan gejala sindrom metabolik yang berkontribusi dalam meningkatkan risiko diabetes.

Tips sarapan untuk diet tersebut bisa dilakukan untuk mendukung penurunan berat badan yang lebih efektif.

Namun, disarankan juga untuk berolahraga secara teratur karena menjaga pola makan saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Baca juga: Mengenal Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com