Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2022, 07:33 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Berolahraga tidak hanya akan membuat tubuh lebih sehat, tetapi juga akan mendukung program diet yang sedang dilakukan.

Olahraga tidak harus dilakukan dalam durasi yang lama karena hanya dalam 10 menit saja per hari, akan memberikan hasil yang efektif.

Baca juga: Mengenal Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Melakukan olahraga ringan di pagi hari juga akan membantu untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara konsisten.

Olahraga ringan di pagi hari untuk menurunkan berat badan

Berikut adalah rekomendasi olahraga ringan di pagi hari untuk menurunkan berat badan yang disarikan dari Healthline dan Harvard Medical School:

  • Jogging

Melakukan olahraga lari pagi memang akan membakar lemak lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa jenis olahraga lainnya.

Namun, para pemula tidak perlu langsung melakukan olahraga lari pagi karena bisa memulainya dengan melakukan jogging. Jogging memiliki intensitas yang lebih ringan dan masih tergolong efektif untuk menurunkan berat badan.

Bahkan, dijelaskan bahwa melakukan jogging selama setidaknya 30 menit bisa membantu membakar hingga 298 kalori.

Olahraga jogging ini bisa dilakukan oleh siapa saja, namun usahakan untuk melakukannya di permukaan yang lebih empuk untuk mengurangi tekanan pada persendian.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga untuk Membakar Lemak Perut

  • Bersepeda

Salah satu jenis olahraga ringan di pagi hari yang diminati oleh banyak orang adalah bersepeda.

Bersepeda tidak melulu harus dilakukan di luar ruangan karena bisa dilakukan dengan menggunakan sepeda statis. Olahraga ringan di rumah ini terbukti bisa membakar hingga 260 kalori jika dilakukan setidaknya selama 30 menit.

Sedangkan jika Anda memilih untuk bersepeda di luar ruangan, kalori yang dibakar adalah sekitar 298 kalori jika dilakukan setidaknya selama 30 menit. Namun, jumlah kalori yang dibakar akan bertambah tergantung dari medan dan kecepatan kayuh sepeda.

Selain berfungsi sebagai olahraga ringan untuk mengecilkan perut, bersepeda ternyata juga akan meningkatkan sensitivitas insulin yang akan mencegah penyakit diabetes, serta akan mendukung kesehatan jantung sehingga risiko kematian dini bisa dicegah.

Baca juga: Apakah Olahraga Saja Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

  • Berjalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang paling murah dan mudah untuk dilakukan. Berjalan kaki di pagi hari ternyata juga efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara teratur.

Bahkan, ditemukan bahwa berjalan kaki sekitar 50 hingga 70 menit dan dilakukan setidaknya selama 3 kali seminggu, bisa membakar lemak tubuh sebesar 1,5 persen dan menurunkan lingkar pinggang hingga 3 cm.

Selain berguna untuk menurunkan berat badan, olahraga jalan kaki di pagi hari juga akan sangat aman untuk dilakukan karena tidak memberikan tekanan berlebih pada persendian.

Ketiga jenis olahraga ringan di pagi hari untuk menurunkan berat badan yang bisa dilakukan tersebut bisa dilakukan oleh semua orang dan relatif aman untuk Anda yang khawatir dengan masalah persendian, serta minim alat.

Lakukan salah satu jenis olahraga tersebut secara konsisten untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Baca juga: 7 Cara untuk Menurunkan Berat Badan secara Alami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com