Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ciri-ciri Maag Akut yang Pantang Disepelekan

Kompas.com - 14/02/2023, 10:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Maag akut adalah peradangan atau pembengkakan yang terjadi secara tiba-tiba pada lapisan lambung.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan membuat aktivitas seseorang terganggu. Namun, rasa sakitnya bersifat sementara dan berlangsung dalam waktu singkat.

Baca juga: Obat Maag Diminum Sebelum atau Sesudah Makan?

Artikel ini akan membahas ciri-ciri maag akut. Namun, sebelumnya Anda mungkin perlu mengetahui apa saja penyebab gangguan pencernaan tersebut.

Penyebab maag akut

Maag akut terjadi karena beberapa faktor yang dapat mengikis lapisan lambung atau mukosa. Hal ini memungkinkan asam pencernaan mengiritasi lambung.

Dikutip dari Cleveland Clinic pada Selasa (14/2/2023), berikut beberaapa penyebab maag akut yang perlu diketahui:

  • Obat-obatan NSAID: penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau kortikosteroid secara terus-menerus untuk mengatasi nyeri dapat mengiritasi lapisan lambung dan menyebabkan maag akut.
  • Penyalahgunaan alkohol: konsumsi alkohol berlebihan dapat mengiritasi dan mengikis lapisan lambung
  • Infeksi bakteri: bakteri H. pylori adalah penyebab utama gastritis kronis dan penyakit tukak lambung. Bakteri tersebut dapat merusak lapisan pelindung lambung, menyebabkan peradangan, hingga memicu maag akut.
  • Refluks empedu: kondisi ketika empedu yang berguna untuk mencerna lemak mengalir kembali ke perut. Padahal, empedu seharusnya bergerak melalui usus halus.
  • Stres fisik: penyakit atau cedera parah yang terjadi tiba-tiba dan bertahan lama dapat menyebabkan gastritis. Gastritis bahkan dapat muncul akibat trauma fisiki yang tidak melibatkan lambung, seperti luka bakar parah dan cedera otak.

Ada beberapa penyebab maag akut, mulai dari penggunaan obat-obatan NSAID, penyalahgunaan alkohol, hingga infeksi bakteri.

Dengan mengetahui beberapa penyebab maag akut, kita dapat menghindari risiko-risikonya agar terhindar dari gangguan pencernaan ini.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Maag yang Sudah Parah dan Pantang Disepelekan

 

Ciri-ciri maag akut

Dilansir dari Healthline, maag akut tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, kebanyakan orang mengeluhkan gejala maag akut sebagai berikut:

  1. Nyeri perut bagian atas
  2. Perut bagian atas terasa penuh setelah makan
  3. Kembung
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Kehilangan selera makan
  7. Tinja hitam

Orang yang merasakan kondisi di atas sebaiknya waspada karena bisa saja merupakan ciri-ciri maag akut.

Hubungi dokter jika mengalami gejala umum maag akut selama seminggu atau lebih, terlebih jika Anda sampai mengalami muntah darah.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Maag Akut dengan Obat dan secara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com