Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab GERD saat Puasa Kambuh dan Tips untuk Penderita

Kompas.com - 28/03/2023, 10:35 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit gastro-esophageal reflux disease atau GERD adalah salah satu masalah kesehatan yang sering kambuh saat puasa.

Saat kumat, masalah kesehatan yang dikenal dengan penyakit asam lambung kronis ini dapat memicu gejala seperti rasa panas di dada (heartburn), asam lambung dari perut naik ke kerongkongan, muntah, nyeri ulu hati, atau ada yang mengganjal di tenggorokan.

Sebelum mengenali beberapa tips puasa untuk penderita GERD, ada baiknya Anda juga menyimak penyebab GERD sering kambuh saat puasa.

Baca juga: Bisakah Asam Lambung Naik (GERD) Sebabkan Serangan Jantung?

Penyebab GERD saat puasa kambuh

Dilansir dari KhaleejTimes, ada beberapa faktor penyebab GERD kambuh saat puasa, antara lain:

  • Makan berlebihan saat buka puasa atau sahur

Perut kita memang dirancang elastis, tapi jumlah makanan dan minuman yang dapat ditampung terbatas. Jika Anda makan terlalu banyak, produksi asam lambung akan meningkat dan menumpuk di perut. Akibatnya, Anda bisa merasakan gejala GERD.

  • Konsumsi makanan pemicu GERD

Beberapa makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat buka puasa atau sahur dapat menyebabkan GERD kambuh. Di antaranya makanan berlemak tinggi, gorengan, santan, makanan pedas, makanan asam, kopi, cokelat, teh, mint, makanan cepat saji, atau makanan berkeju.

  • Tidur setelah makan

Banyak orang yang merasa mengantuk setelah santap buka atau sahur lalu tergiur untuk rebahan atau tidur. Kondisi ini juga rentan memicu asam lambung naik.

Baca juga: GERD: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati

Tips puasa untuk penderita GERD

Penderita GERD bukannya tidak mungkin menjalani puasa tanpa dibayang-bayangi penyakitnya bakal kambuh.

Berikut tips puasa untuk penderita GERD dari dokter spesialis penyakit dalam dari Eka Hospital BSD Dr Dedy Sudrajat:

  • Hindari makan berlebihan saat buka puasa maupun sahur. Seperti disinggung di atas, karena makan bisa membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencerna makanan
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu asam lambung naik seperti makanan pedas, makanan asam, makanan bersantan, makanan bergas tinggi seperti kol sampai nangka, kopi, teh, soda, atau asupan lain pencetus penyakit ini kambuh
  • Saat membatalkan puasa, awali dengan konsumsi makanan ringan yang sehat. Setelah shalat maghrib dan tarawih, baru makan dengan komposisi gizi lengkap dan seimbang
  • Jika ingin tidur setelah buka atau sahur, berikan jeda setidaknya dua jam dari waktu terakhir makan besar. Apabila tidak tahan, atur posisi tidur dengan posisi setengah duduk agar asam lambung tidak mudah naik
  • Kendalikan emosi dan stres saat puasa
  • Rutin konsumsi obat GERD yang diresepkan dokter mendekati waktu imsak, sesaat setelah buka puasa, dan sebelum tidur

“Rutin minum obat dan memperhatikan makanan serta pola konsumsinya, penderita GERD bisa puasa dengan lancar,” jelas Dedy, seperti dilansir dari Antara, Jumat (24/3/2023).

Setelah menyimak beberapa penyebab GERD saat puasa kambuh dan tips puasa untuk penderita GERD di atas, Anda yang tengah bergelut dengan masalah kesehatan ini tak perlu khawatir lagi menjalani ibadah Ramadhan ini.

Baca juga: 4 Obat GERD, Fungsi, dan Efek Sampingnya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com