Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DR. dr. Arya Tjipta, Sp. B.P.R.E., Subsp.K.M(K)
Dokter

Dokter Spesialis Bedah Plastik

Benjolan di Tubuh Anda Bisa Jadi Lipoma, Tahu Apa Itu?

Kompas.com - 04/07/2023, 15:35 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TANGAN Anda meraba sesuatu yang tidak biasa. Benjolan kecil, tersembunyi di balik lapisan kulit Anda. Itu lunak, tidak menyakitkan, dan seolah-olah bergerak ketika Anda menekannya.

Anda mencoba untuk mengabaikannya, berpikir mungkin itu hanya lemak biasa. Tapi, bisakah Anda benar-benar yakin?

Pada suatu malam yang dingin dan hening, pikiran Anda mulai berkeliaran. Anda mulai bertanya-tanya,"Apa ini? Apakah ini sesuatu yang harus saya khawatirkan?" Pertanyaan itu muncul di pikiran Anda, meresahkan tidur Anda.

Apakah Anda pernah merasa demikian? Apakah Anda pernah menemukan benjolan kecil di tubuh yang terasa lunak saat disentuh?

Jangan langsung panik! Bisa jadi, apa yang Anda alami adalah lipoma.

Mari kita jelajahi dunia medis yang menarik ini bersama-sama, dan kita akan membongkar misteri di balik lipoma, 'benjolan misterius' Anda tersebut.

Lipoma adalah pertumbuhan jaringan lemak yang abnormal di bawah kulit, biasanya tidak menyakitkan dan bergerak ketika disentuh.

Mereka biasanya muncul di dada, punggung, lengan, atau paha dan bisa jadi sekecil biji kacang atau sebesar bola softball. Sejauh ini, lipoma masih menjadi misteri di dunia medis.

Etiologi atau penyebab pasti dari lipoma masih belum diketahui. Namun, sejumlah dokter percaya bahwa lipoma bisa berkembang akibat cedera ringan.

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lipoma bisa jadi kondisi genetik, mengingat mereka sering terjadi dalam keluarga. Karena tidak sedikit pula pasien yang datang dengan beberapa anggota keluarganya berbarengan untuk dilakukan tindakan pembedahan.

Lipoma bisa terjadi pada orang-orang di semua kelompok usia, tetapi paling umum pada orang dewasa berusia 40-60 tahun. Dari persentase penelitian yang dilakukan, lipoma juga lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Lipoma bisa terbentuk di hampir semua bagian tubuh yang memiliki jaringan lemak. Namun, paling umumnya lipoma ditemukan di:

1. Lengan: Lipoma bisa tumbuh di bawah kulit di sepanjang lengan.

2. Paha dan kaki: Lipoma sering ditemukan di paha dan kadang-kadang di bagian lain dari kaki.

3. Dada dan punggung: Lipoma juga bisa muncul di dada atau punggung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com