Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Serum Digunakan untuk Perawatan Wajah? Simak Panduan Berikut…

Kompas.com - 29/07/2023, 13:35 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang kerap mengganjal sejumlah orang yang baru belajar atau mulai rutinitas melakukan perawatan dengan skincare adalah, kapan serum digunakan untuk wajah?

Ya, saking banyaknya rangkaian jenis produk perawatan kulit, tak jarang penggunanya jadi bingung urutan skincare yang tepat.

Simak panduan berikut agar produk perawatan wajah yang digunakan hasilnya bisa optimal.

Baca juga: Serum Vitamin C Dipakai Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Kapan serum digunakan untuk perawatan wajah?

Pemakaian skincare serum umumnya dianjurkan sebelum pelembap atau tabir surya. Namun, jika kulit cenderung sensitif atau mudah iritasi dan kering, Anda bisa mengoleskan pelembap berbasis air dulu baru serum ke kulit wajah.

Dilansir dari MedicalNewsToday, serum biasanya berupa cairan atau gel berbasis air yang memiliki tekstur ringan. Sedangkan pelembap, biasanya lebih kental dari serum dan terkadang mengandung minyak.

Karena minyak bersifat menolak air, mengoleskan pelembap berbahan dasar minyak sebelum serum bisa menghambat penyerapan bahan aktif serum.

Selain itu, serum memiliki struktur molekul yang lebih kecil dibandingkan pelembap. Jadi, agar bisa meresap sampai ke lapisan kulit lebih dalam, skincare ini perlu digunakan lebih dulu dibandingkan skincare lain.

Dikutip dari Healthline, bagi Anda pemilik kulit sensitif atau kulit justru jadi kering setelah pakai serum, gunakan skincare serum setelah pelembap.

Baca juga: Serum yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Kapan waktu yang tepat menggunakan serum wajah?

Waktu yang tepat untuk menggunakan serum wajah bisa berbeda-beda, tergantung jenisnya. Berikut panduannya:

  • Serum anti-pigmentasi dan antioksidan seperti vitamin C pas digunakan sekali sehari pada pagi hari. Formula aktifnya dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk radikan bebas, termasuk paparan sinar UV
  • Serum anti-penuaan seperti retinol tepat digunakan sekali sehari pada malam hari. Formula aktifnya bekerja berdasarkan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh, yang efektif meregenerasi sel kulit saat istirahat di malam hari
  • Serum pelembap seperti hyaluronic acid cocok digunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari, terutama untuk pemilik kulit kering. Dengan begitu, kelembapan kulit dapat terjaga sepanjang hari

Panduan kapan serum digunakan pada perawatan kulit di atas adalah petunjuk umum.

Agar hasilnya lebih efektif, sebaiknya Anda membaca dengan seksama petunjuk penggunaan produk atau arahan dokter mengenai cara memakai serum yang tepat.

Baca juga: 10 Manfaat Serum Vitamin C, Tak Hanya untuk Mencerahkan Kulit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com