Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakit di Bawah Payudara Kiri Tanda Penyakit Apa?

Kompas.com - 15/09/2023, 19:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa wanita mungkin pernah mengalami nyeri atau sakit di bawah payudara kiri. Kondisi ini umumnya disebabkan karena cedera hingga pengaruh hormon.

Akan tetapi, rasa sakit yang intens bisa menunjukkan seseorang mengidap penyakit yang perlu segera diobati. Untuk mengetahui sakit di bawah payudara kiri tanda penyakit apa saja, simak penjelasan berikuut.

Sakit di bawah payudara kiri tanda penyakit apa?

Dikutip dari Verywell Health, berikut beberapa penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami sakit di bawah payudara kiri:

  • Cedera

Perlu diketahui, kulit payudara sensitif dan elastis, sehingga ketika terjadi cedera, bisa menyebabkan rasa sakit di area sekitarnya.

Dalam beberapa kasus, cedera yang menyebabkan jaringan parut atau keloid bisa memicu sakit di bawah payudara kiri.

  • Perubahan hormon

Fluktuasi hormon yang dapat menyebabkan nyeri payudara, antara lain adalah menstruasi, pemakaian kontrasepsi oral (pil KB), pengobatan untuk mengatasi masalah infertalitas, hingga terapi penggantian hormon.

Perubahan hormon pada ibu hamil juga bisa memicu sakit di bawah payudara kiri atau kanan.

  • Serangan jantung

Salah satu gejala serangan jantung adalah perasaan sesak dan tidak nyaman di area payudara kiri. Selain itu, seorang wanita bisa mengalami sakit di bawah payudara kiri yang intens.

Wanita yang mengalami serangan jantung juga bisa mengeluhkan kondisi, seperti adanya tekanan di area dada, sakit leher, sesak napas, mual, hingga pingsan.

  • Angina

Angina adalah kondisi ketika otot jantung tidak menerima cukup oksigen dalam suplai darah arteri koroner. Hal ini menyebabkan sakit di bawah payudara kiri atau di bagian tengah.

  • Gastritis

Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung. Gejala utama gastritis yaitu rasa sakit yang menusuk dari perut hingga bagian bawah payudara kiri.

  • Abses

Abses adalah penumpukan nanah yang dapat terbentuk di bagian tubuh mana saja.

Jika abses terjadi di bawah puting atau areola, seseorang bisa mengeluhkan nyeri di bawah payudara kiri maupun kanan.

  • Mastitis

Mastitis adalah infeksi yang menyerang jaringan payudara. Kemungkinan penyebabnya adalah saluran susu yang tersumbat atau akibat bakteri.

Mastitis bisa menyebabkan puting dan payudara membengkak, terasa nyeri, dan kemerahan. Nyeri akibat mastitis dapat menjalar di bawah payudara kiri atau kanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com