Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda dan Cara Mencegahnya Menurut Ahli

Kompas.com - 30/09/2023, 09:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serangan jantung tidak hanya terjadi pada lansia, namun juga dapat mengancam orang yang lebih muda.

Penyebab serangan jantung di usia muda bisa dari pola hidup yang tidak sehat, faktor genetik atau keturunan, hingga kebiasaan merokok. 

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam penyebab serangan jantung di usia muda dan pencegahannya menurut ahli. 

Baca juga: 8 Tanda-tanda Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

Apa penyebab serangan jantung di usia muda?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), Subsp. IKKV (K), Subsp. KI(K), MPH, FIHA, FESC, FACC, FSCAI dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita menjelaskan beberapa faktor yang bisa jadi penyebab serangan jantung di usia muda, diantaranya:

  • Pola hidup yang tidak sehat

Penyebab pertama serangan terjadi pada usia muda yaitu karena pola atau gaya hidup dari masyarakat.

Menurut Isman pola hidup tidak sehat yang bisa memicu penyakit jantung yaitu kebiasaan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak serta gula.

  • Diabetes

Seseorang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 atau diabetes melitus juga lebih berisiko terkena serangan jantung di usia muda.

"Diabetes melitus itu salah satu penyebab, salah satu faktor risiko, dan Indonesia salah satu negara dengan penderita diabetes tertinggi." kata Isman dalam diskusi kesehatan yang diselenggarakan Kemenkes RI secara daring, Senin (25/9/2023). 

Senada dengan Isman, menurut Cleveland Clinic, risiko serangan jantung dapat meningkat dua kali lipat jika seseorang menderita diabetes dan masalah tersebut dapat dimulai pada usia muda.

Hal ini dikarenakan peningkatan kadar gula darah akibat diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang melayani jantung. Sehingga menyebabkan penyakit arteri koroner, yang mengganggu aliran darah ke jantung Anda.

Penderita diabetes juga lebih mungkin memiliki kondisi lain yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung, termasuk tekanan darah tinggi (hipertensi) dan obesitas.

Baca juga: Selain ISPA, Kualitas Udara Buruk Bisa Jadi Penyebab Serangan Jantung

  • Kurang gerak 

Kurang gerak atau jarang melakukan aktivitas fisik di usia muda bisa menjadi faktor penyebab serangan jantung. Menurut Isman, aktivitas fisik yang kurang bisa mengakibatkan penyumbatan atau penimbunan plak di dalam pembuluh darah koroner.

  • Faktor genetik

Penyebab serangan jantung di usia muda selanjutnya adalah faktor genetik atau keturunan.

Isman menjelaskan, anak muda yang orangtua yang terkena serangan jantung di usia 30 tahun, berisiko terkena aterosklerosis atau penyumbatan arteri akibat penumpukan plak. 

  • Merokok

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) lebih dari 60 persen laki-laki berusia 18-30 tahun memiliki kebiasaan merokok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com