Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kulit Belang Kembali Normal? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 03/10/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kulit belang umumnya bukan merupakan masalah medis yang serius, namun dapat mengganggu penampilan. Lalu, berapa lama kulit belang kembali normal?

Ternyata, kulit belang dapat kembali normal dengan sendirinya dalam waktu enam hingga 12 bulan.

Meskipun begitu, terdapat beberapa jenis perawatan dan pengobatan medis yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit belang.

Untuk itu, ketahui penjelasan dan cara mengatasi kulit belang berikut ini.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Kulit Belang di Tangan yang Perlu Diketahui

Berapa lama kulit belang kembali normal?

Kulit belang umumnya dapat kembali normal dengan sendirinya, yakni sekitar enam hingga 12 bulan.

Dilansir dari Healthline, kulit belang yang disebabkan oleh sinar matahari, konsumsi obat, hingga masalah medis tertentu dapat memudar dalam enam hingga 12 bulan tanpa pengobatan apapun.

Meskipun begitu, kondisi penyebab kulit belang memerlukan waktu yang lebih lama untuk kembali normal dan dibarengi dengan pengobatan serta perawatan secara medis.

Beberapa jenis kulit belang yang memengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam akan memerlukan waktu hingga bertahun-tahun untuk menjadi normal kembali. Namun, kondisi ini bisa menjadi permanen pada beberapa kasus.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Belang secara Alami dan Medis

Cara mengatasi kulit belang

Kulit yang belang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu.

Untuk memudarkan kulit belang, Anda diimbau untuk mengobati penyebabnya terlebih dahulu, menghindari paparan sinar matahari, dan melakukan perawatan kulit secara medis.

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), ada beberapa cara mengatasi kulit belang yang bisa dicoba, seperti:

  • Menggunakan produk yang dapat meratakan warna kulit, seperti glycolic acid, retinoid, vitamin C, dan azelaic acid
  • Mengoleskan sunscreen atau tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih setiap dua jam sekali, dan setelah berenang atau berkeringat
  • Menghindari aktivitas di luar ruangan ketika paparan cahaya matahari sangat kuat, atau sekitar jam 10 pagi hingga jam 2 siang
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang lembut
  • Melanjutkan perawatan untuk kulit belang sesuai dengan anjuran dokter
  • Mengganti jenis obat yang memicu terjadinya kulit belang, namun perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu
  • Melakukan perawatan kecantikan, seperti chemical peel, laser skin resurfacing, dan dermabrasi

Kulit belang umumnya bukan merupakan masalah medis yang serius dan dapat diatasi dengan melakukan perawatan serta pengobatan yang tepat.

Meskipun begitu, mengetahui berapa lama kulit belang kembali normal sangatlah penting sehingga Anda bisa mencari bantuan medis ketika diperlukan.

Beberapa penyebab kulit belang merupakan masalah kesehatan yang perlu diatasi secara medis sehingga Anda diimbau untuk tidak melakukan diagnosis pribadi dan menggunakan obat-obatan tertentu yang belum terbukti aman secara medis.

Baca juga: 7 Cara agar Kulit Tidak Belang, Tak Hanya Pakai Sunscreen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com