Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Amandel pada Orang Dewasa Mengalami Masalah

Kompas.com - 12/10/2023, 07:31 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyakit amandel biasanya dialami anak-anak yang sistem imun tubuhnya masih lemah. Tapi, orang dewasa juga bisa mengalami masalah amandel, lho

Dilansir dari MedlinePlus, amandel adalah sepasang organ kecil di bagian belakang tenggorokan. Organ dengan nama lain tonsil ini merupakan bagian dari sistem limfatik. 

Fungsi amandel utamanya untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Meskipun fungsinya membantu meningkatkan ketahanan tubuh dengan melawan kuman, amandel juga bisa mengalami masalah kesehatan.

Lantas, apa penyebab amandel pada orang dewasa bisa terganggu? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Amandel, Fungsi, dan Penyakit yang Biasanya Menyerang

Penyebab amandel pada orang dewasa terganggu

Penyebab amandel pada orang dewasa mengalami gangguan bisa berasal dari beberapa faktor. Disarikan dari Kementerian Kesehatan dan Mayo Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Infeksi kuman

Penyebab amandel mengalami masalah pada orang dewasa yang paling biasanya karena infeksi virus, bakteri, atau kuman lainnya.

Kuman yang kerap menginfeksi amandel umumnya jenis streptokokus beta hemolitikus grup A atau Streptococcus pneumoniae, Streptococcus viridian, dan Streptococcus pyogenes yang dapat menyebabkan tonsilitis atau radang amandel.

Virus lainnya juga dapat menyebabkan amandel bermasalah seperti Epstein Barr, Haemofilus influenzae (menyebabkan tonsilitis akut supuratif), dan virus coxschakie (yang menyebabkan tonsil sangat nyeri).

Selain itu, ahli menemukan human papilloma-virus (HPV) potensial menjadi faktor penyebab kanker amandel. 

Penyakit amandel karena infeksi kuman ini dapat menular. Sebagian orang dewasa terkena penyakit amandel karena infeksi kuman ketika tertular dari orang lain. 

Baca juga: 4 Penyebab Amandel Bermasalah yang Perlu Diwaspadai

  • Kebersihan mulut kurang terjaga

Faktor kebersihan mulut yang kurang terjaga, seperti jarang atau malas sikat gigi dapat menyebabkan penyakit batu amandel.

Penyakit ini ditandai dengan bau mulut tak sedap, dan sakit tenggorokan sampai susah menelan makanan. 

Batu amandel terbentuk dari material dan kotoran seperti sisa-sisa makanan, kotoran di mulut, bakteri, dan jamur yang terperangkap di amandel. Bahan- bahan tersebut bisa mengeras atau mengapur, lalu membentuk batu.

  • Faktor lainnya

Faktor lingkungan dan eksternal seperti paparan asap rokok, pengaruh cuaca yang tidak menentu atau ekstrem, kelelahan fisik, dan alergi makanan yang menyebabkan amandel lebih sensitif juga bisa jadi penyebab amandel pada orang dewasa sering bermasalah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com