Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Mengatasi Diare Pada Anak di Rumah Menurut Anjuran Dokter

Kompas.com - 28/11/2023, 07:31 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Diare adalah masalah pencernaan yang sering terjadi pada anak-anak.

Saat diare, si kecil dapat mengalami peningkatan frekuensi buang air besar. Kondisi tersebut membuat anak merasa tak nyaman, lemas, dan kehilangan nafsu makan.

Melihat hal ini ayah dan bunda tentu khawatir akan kondisi si kecil. Namun alih-alih panik, ada beberapa cara mengatasi diare di rumah. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Diare Rotavirus pada Bayi

Bagaimana cara mengatasi diare pada anak?

Dokter spesialis anak dr. Himawan Aulia Rahman, Sp.A memberikan beberapa rekomendasi untuk orang tua dapat menangani anaknya yang diare secara mandiri di rumah.

Cara mengatasi diare yang pertama adalah memberikan penggantian cairan pada anak.

Pemberian cairan pengganti penting dilakukan karena pada dasarnya diare membuat anak kehilangan cairan tubuh lewat feses.

"Pertama ialah dengan melakukan penggantian cairan. Saat ini yang aksesnya paling banyak dan mudah didapatkan di seluruh Indonesia ialah pemberian oralit," kata dokter Himawan, dilansir dari Antara, Jumat (24/11/2023).

Himawan melanjutkan, penggantian cairan bisa dilakukan pada anak yang diare asalkan anak masih dalam kondisi aktif dan tidak mengalami dehidrasi.

Selain pemberian oralit, cara mengatasi diare pada anak selanjutnya yaitu memberikan suplementasi zinc atau seng yang merupakan suplemen zat besi.

Pemberian zinc bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel usus yang bermasalah saat diare sehingga harapannya durasi diare pada anak bisa semakin berkurang.

Baca juga: 8 Tanda Bahaya Diare pada Ibu Hamil yang Pantang Disepelekan

Tips untuk meredakan diare lainnya yaitu ayah dan bunda disarankan tetap memberi menu makananan yang sama seperti saat anak sehat untuk menjaga asupan nutrisinya.

Pemberian makanan dengan menu normal tersebut bisa diberikan asal anak tidak mengalami masalah lain seperti muntah-muntah.

Lalu apabila menyajikan makanan yang lunak, ada baiknya untuk menyiapkan makanan dalam porsi kecil namun pemberiannya harus sering sehingga asupan gizi untuk tubuh tetap terjaga.

"Karena pada dasarnya usus yang diare itu tetap butuh asupan (gizi), alasan diberikan makan secara cepat itu bisa mengurangi risiko malnutrisi," kata Himawan.

Menurut Himawan, langkah-langkah untuk mengatasi diare pada anak di atas dapat mempercepat proses pemulihan si kecil. Jika disiplin dilakukan, anak dapat segera sembuh dari diare.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com