Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Sering Mengantuk padahal Sudah Cukup Tidur?

Kompas.com - 16/12/2023, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Merasa mengantuk ketika tidak mendapatkan tidur yang cukup sangatlah wajar terjadi. Namun, kenapa sering mengantuk padahal sudah cukup tidur?

Ternyata, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan kesehatan mental, gangguan tidur, hingga kekurangan nutrisi tertentu.

Melakukan perubahan kebiasaan, seperti makan makanan yang bernutrisi dan berolahraga secara teratur, umumnya dapat mengatasi kondisi ini.

Namun, perawatan dan pengobatan secara medis juga diperlukan ketika penyebab sering mengantuk yang dialami adalah masalah kesehatan tertentu.

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab sering mengantuk padahal sudah cukup tidur dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: Kenapa Sering Mengantuk setelah Makan? Kenali 4 Penyebabnya Berikut...

Kenapa sering mengantuk padahal sudah cukup tidur?

Beberapa masalah kesehatan ternyata dapat membuat Anda merasa mengantuk meskipun sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Disarikan dari Cleveland Clinic dan Healthline, berikut adalah beberapa penyebab sering mengantuk padahal sudah cukup tidur yang perlu diketahui.

  • Mengalami gangguan tidur

Rasa kantuk yang muncul bisa jadi merupakan gejala gangguan tidur yang kerap tidak disadari, seperti apnea tidur dan sindrom kaki gelisah.

Jadi meskipun Anda mendapatkan waktu tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam, gangguan tidur tersebut dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak sehingga kualitasnya juga akan menurun.

Baca juga: 10 Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk Terus

  • Mengalami gangguan tiroid

Rasa lelah dan mengantuk juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid, khususnya hipotiroidisme.

Kondisi ini akan membuat organ tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid yang cukup. Akibatnya, metabolisme tubuh akan melambat dan membuat Anda terus-menerus merasa lelah.

  • Memiliki kebiasaan makan sebelum tidur

Makan malam dengan porsi besar sebelum tidur dapat berdampak buruk pada kualitas tidur di malam hari.

Pasalnya, tubuh tidak akan mendapatkan waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang masuk sehingga akan meningkatkan risiko gangguan pencernaan, seperti asam lambung.

  • Mengalami masalah kesehatan mental

Gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk meskipun sudah mendapatkan cukup tidur di malam hari.

Bahkan, beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan mental akan lebih mudah terbangun saat tidur dan tidak bisa tidur kembali sehingga akan lebih mengantuk di siang hari.

Baca juga: 12 Penyebab Badan Lemas dan Mengantuk, Tak Hanya Kurang Tidur

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com