Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Minum Kopi Pahit?

Kompas.com - 25/12/2023, 08:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa jenis makanan dan minuman, seperti makanan yang pedas, dapat memicu kenaikan asam lambung. Namun, apakah penderita asam lambung boleh minum kopi pahit?

Ternyata, penderita asam lambung diimbau untuk membatasi atau menghindari konsumsi kopi pahit karena bersifat lebih asam dan dapat menyebabkan gejala asam lambung yang lebih serius.

Meskipun begitu, Anda yang memiliki penyakit asam lambung dapat memilih jenis kopi yang memiliki kandungan asam yang lebih rendah, seperti cold brew.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek samping minum kopi bagi penderita asam lambung dan jenis kopi yang cocok untuk dikonsumsi berikut ini.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

Apakah penderita asam lambung boleh minum kopi pahit?

Ternyata, penderita asam lambung diimbau untuk membatasi atau menghentikan kebiasaan minum kopi pahit.

Dilansir dari Cleveland Clinic, gejala asam lambung dapat muncul atau bertambah parah ketika mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, termasuk kopi pahit.

Pasalnya, kafein di dalam kopi merupakan stimulan alami yang dapat meningkatkan kontraksi pada saluran pencernaan dan memicu produksi asam di dalam perut.

Beberapa jenis kopi juga mengandung asam yang tinggi sehingga akan mempercepat proses pencernaan makanan dan membuat Anda tidak bisa menahan buang air besar.

Meskipun begitu, efek minum kopi pahit terhadap penyakit asam lambung yang dimiliki tidak terlalu jelas.

Melansir Medical News Today, beberapa ahli berpendapat bahwa kafein di dalam kopi dapat memperparah gejala asam lambung, meskipun tidak banyak penelitian yang membuktikannya.

Kurangnya penelitian tentang efek samping kafein pada asam lambung menunjukkan bahwa penderita asam lambung tidak perlu menghentikan asupan kopi.

Artinya, Anda yang memiliki penyakit asam lambung perlu memperhatikan efek samping yang muncul setelah minum kopi pahit.

Anda yang mengalami efek samping tertentu setelah minum kopi perlu membatasi atau menghentikan kebiasaan ini.

Namun, Anda yang tidak mengalami efek samping apapun tetap dapat minum kopi dengan jumlah wajar, atau tidak lebih dari empat cangkir per hari.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Kopi bagi Wanita, Tak Hanya Menghilangkan Kantuk

Kopi yang cocok untuk penderita asam lambung

Anda yang memiliki penyakit asam lambung tidak hanya perlu membatasi jumlah kopi per hari, tetapi juga memperhatikan jenis kopi yang diminum.

Ada beberapa jenis kopi yang cocok untuk penderita asam lambung, yang tidak memiliki kandungan asam yang tinggi, seperti:

  • Dark roast yang memiliki sifat asam rendah karena tidak memiliki banyak kandungan yang memicu produksi asam di dalam perut
  • Espresso yang melalui proses penyeduhan yang lebih singkat sehingga kandungan asam yang lebih rendah
  • Cold brew yang dibuat dengan menyeduh bubuk kopi selama 12-24 jam dengan air dingin atau air yang memiliki suhu ruang sehingga tidak terlalu pahit dan kandungan asamnya berkurang
  • Biji kopi rendah asam yang dijual oleh beberapa merek
  • Kopi dengan campuran jamur atau chicory yang memiliki kandungan asam lebih rendah

Selain memilih jenis kopi yang tepat, para penderita asam lambung juga diimbau untuk tidak minum kopi saat perut kosong dan mencampurnya dengan susu rendah lemak atau susu nabati.

Memahami apakah penderita asam lambung boleh minum kopi pahit sangatlah penting sehingga kondisi yang dialami tidak bertambah serius.

Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan efek samping yang dialami agar bisa menghentikan atau mengurangi konsumsi kopi jika diperlukan.

Baca juga: Berapa Gelas Kopi Sehari yang Aman bagi Kesehatan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com