Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asam Urat Terjadi pada Usia Berapa? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 02/02/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Serangan asam urat atau gout termasuk salah satu masalah kesehatan yang membuat banyak orang khawatir. Namun, tahukah Anda asam urat terjadi pada usia berapa?

Ternyata, asam urat paling sering terjadi pada orang lanjut usia atau lansia. Meski begitu, penyakit ini juga rentan dialami orang di usia muda akibat kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui pada usia berapa serangan asam urat bisa terjadi.

Baca juga: Bagaimana Rasanya Asam Urat di Kaki? Simak Penjelasan Berikut...

Asam urat terjadi pada usia berapa?

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang ditandai dengan nyeri hebat intens dalam beberapa jam hingga berhari-hari jika tidak ditangani.

Selain nyeri, gout juga menyebabkan pembengkakan sendi, area kulit tampak kemerahan dan lunak saat disentuh, hingga kemunculan tophi atau bongkahan kristal asam urat yang dapat menonjol di area kulit.

Serangan asam urat bisa terjadi jika seseorang memiliki kadar uric acid yang tinggi yaitu 6,0 mg/dL pada wanita dan 7,0 mg/dL pada pria.

Gout bisa terjadi kapan saja, namun paling sering muncul pada tengah malam.

Dilansir dari Mayo Clinic, usia memang menjadi salah satu faktor pemicu serangan gout. Itu sebabnya, biasanya asam urat terjadi pada usia 30-50 tahun.

Pria adalah kelompok yang paling rentan terkena asam urat di usia 30-50 tahun atau ketika lansia, dibandingkan wanita.

Kendati demikian, wanita juga berisiko terkena serangan asam urat setelah menopause atau henti haid.

Karena umumnya gout menyerang lansia, tak mengherankan jika banyak orang tua yang mengeluhkan gejala asam urat, seperti nyeri sendi, pembengkakan, hingga berkurangnya rentang gerak.

Baca juga: Sakit Asam Urat di Mana Saja? Berikut 9 Daftarnya...

Meski umumnya serangan asam urat sering terjadi pada orang di atas usia 30 tahun dan lansia, penyakit ini juga rentan menyerang di usia yang lebih muda.

Saat ini bahkan ditemui kasus asam urat pada individu berusia 20-an tahun. Dilansir dari Medical News Today, asam urat di usia muda bisa terjadi akibat sejumlah faktor.

Faktor penyebab asam urat di usia muda, antara lain pola diet tinggi purin, obesitas, kondisi medis tertentu misalnya diabetes atau sakit ginjal, dan riwayat keluarga.

Cara mencegah asam urat

Setelah mengetahui bahwa serangan asam urat bisa terjadi pada lansia maupun orang yang lebih muda, Anda mungkin perlu menyimak beberapa langkah pencegahan gout berikut:

  • Membatasi makanan tinggi purin, seperti jeroan, ikan kaleng, daging merah, minuman beralkohol, dan seafood
  • Membatasi minuman dan kudapan manis, seperti jus kemasan yang mengandung pemanis, sirup, minuman dengan toping es krim atau whipped cream, kue, donat, dan desserts manis
  • Menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal
  • Melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin
  • Memenuhi asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi
  • Mengonsumsi makanan mengandung vitamin C.

Selain itu, Anda juga perlu manajemen stres dan tidur cukup untuk mencegah pelepasan hormon kortisol penyebab penyakit, termasuk asam urat.

Baca juga: Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Sembuh Total?

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com