Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kombinasi Makanan yang Tepat untuk Tingkatkan Nutrisinya

Kompas.com - 09/02/2024, 16:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Mengombinasikan atau memadukan makanan dari kelompok gizi tertentu dengan yang lain dipercaya bisa meningkatkan kadar nutrisinya.

Sebagai contoh sayuran yang dikombinasikan dengan sedikit lemak akan meningkatkan penyerapan antioksidannya.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife, Susan Bowerman mengatakan konsep lain seputar kombinasi makanan atau padanan makanan, dengan memperhitungkan bagaimana beberapa makanan menawarkan manfaat nutrisi lebih besar ketika dikonsumsi bersamaan daripada jika dikonsumsi secara terpisah.

"Pikirkan ini sebagai nutrisi 'satu ditambah satu sama dengan tiga'," katanya.

Ia pun memeberikan tips bagaimana cara meningkatkan nutrisi dengan padanan makanan.

Baca juga: Apakah Diet Golongan Darah Sehat untuk Tubuh?

- Vitamin C dengan sayur dan biji-bijian yang mengandung zat besi

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife, Susan Bowerman Doc Herbalife Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife, Susan Bowerman
Zat besi hadir dalam dua bentuk yang berbeda. Salah satu bentuk disebut zat besi "heme" yang terdapat dalam produk hewani seperti ikan, daging, dan unggas, dan lebih mudah diserap oleh tubuh daripada zat besi "non-heme" yang terdapat dalam makanan nabati.

"Ketika Anda mengonsumsi Vitamin C bersama dengan sumber zat besi non-heme, tubuh akan menyerap zat besi lebih baik dan tidak perlu dalam jumlah banyak," kata Bowerman.

Jumlah vitamin C dalam sebuah jeruk atau tomat hampir bisa tiga kali lipat penyerapan zat besi. Sebagai contoh satu buah tomat akan membantu penyerapan zat besi dalam sup kacang.

Baca juga: Cegah Stunting dengan Mencukupi Zat Besi

- Sayuran yang berwarna dengan sedikit lemak
Buah dan sayuran mengandung senyawa yang disebut karotenoid atau pigmen alami yang memberi warna pada makanan seperti tomat, wortel, dan bayam.

Karotenoid berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa penting ini larut dalam lemak, yang berarti ketika makan sayuran dengan sedikit lemak, tubuh dapat menyerap lebih banyak karotenoid.

Kita bisa menambahkan sedikit lemak sehat seperti alpukat atau minyak zaitun ke dalam salad akan meningkatkan penyerapan karotenoid.

- Lemon dan teh hijau
Ketika menambahkan lemon ke teh hijau, Vitamin C dapat membantu tubuh menyerap senyawa fitonutrien dan antioksidan. Jika tidak suka lemon dalam teh, konsumsilah buah yang kaya Vitamin C bersama dengan minuman.

Baca juga: Apakah Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

- Sayuran hijau dan ikan
Vitamin D yang difortifikasi dalam produk susu akan membantu tubuh menyerap kalsium. Hal yang serupa terjadi jika kita mepadankan sayuran hijau dengan ikan.

"Ikan berlemak seperti salmon dan makarel menyediakan Vitamin D, dan sayuran hijau menyediakan kalsium. Menggabungkan keduanya akan membantu tubuh menyerap kalsium dalam sayuran," papar Bowerman.

- Campuran makanan nabati
Makanan nabati, termasuk buah, sayuran, dan kacang-kacangan, adalah beberapa sumber antioksidan terbaik. Manfaat antioksidan ini ditingkatkan ketika kita mengonsumsi campuran makanan, daripada mengonsumsinya sendiri-sendiri.

Dengan kata lain, lebih baik konsumsi bersama-sama beberapa jenis buah karena telah terbukti mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada jumlah yang setara dari setiap buah yang dimakan secara individual.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Diet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com