Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Penyebab Kantung Mata dan Lingkaran Hitam

Kompas.com - 03/04/2024, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jika ada penyebab utama yang membuat penampilan terlihat lelah dan kurang tidur, maka hal itu adalah kantung mata.

Kantung mata merupakan kondisi ketika kulit di bawah mata tampak turun dan juga bengkak. Istilah ini seringkali tertukar dengan lingkaran hitam di area mata (dark circle), padahal penyebabnya berbeda.

Menurut dokter kulit Lindsey Zubritsky, kantung mata lebih terkait dengan pembengkakan di bagian kulit atau otot yang mengelilingi mata.

"Sementara lingkaran hitam biasanya disebabkan oleh masalah sirkulasi darah dan warna kulit yang tidak rata," katanya.

Dia menambahkan, faktor utama pemicu kantung mata adalah penuaan. Seiring dengan usia, kulit, otot, dan juga struktur penunjang di bawah mata menjadi lebih kendur.

Faktor lain adalah genetik, alergi, dan gangguan kesehatan seperti tiroid dan pola makan tinggi garam.

Baca juga: Dewi Perssik Jalani Transfer Lemak di Kantung Mata, Seperti Apa?

Dikutip dari Healthline, faktor penuaan juga berpengaruh pada timbulnya lingkaran hitam di bawah mata karena semakin tua kulit akan lebih tipis.

Kulit yang kenyal dan elastis seperti orang muda membutuhkan kolagen dan lemak yang cukup. Ketika kadar kolagen menurun, pembuluh darah berwarna gelap di bawah kulit akan lebih terlihat, sehingga area bawah mata menjadi kehitaman.

Selain itu, alergi dan mata kering juga memicu lingkaran hitam. Saat muncul reaksi alergi, tubuh akan melepaskan histamin untuk melawan "penyusup". Hal ini akan menimbulkan rasa gatal, merah, dan mata bengkak.

Menggosok area mata yang gatal itu akan menyebabkan peradangan, bengkak, dan juga pecahnya pembuluh darah, sehingga timbul pigmentasi atau warna yang lebih gelap.

Menghilangkan kantung mata

Meski kurang tidur sering dianggap sebagai penyebab kantung mata, tetapi tidur cukup terkadang tak bisa mengatasinya.

Baca juga: Suhu Panas dan Efeknya pada Kesehatan Mata, Kulit, dan Pernapasan

"Jika kantung mata sering timbul ketika kita sering begadang, maka tidur cukup bisa mengatasinya. Tetapi, ada penyebab kantung mata lainnya yang tidak bisa diatasi dengan tidur," kata Zubritsky.

Karena itu sangat penting untuk mengetahui apa penyebabnya. Jika alergi adalah pemicunya, maka kita perlu menelusuri apa saja yang memicu reaksi alergi

Cara lain yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam adalah dengan mengompres area mata dengan es serta memakai krim khusus.

Kompres dengan kafein juga dianjurkan sebab kafein dapat mengerutkan pembuluh darah dan mengurangi bengkak. Kita bisa memakai bekas kantong teh celup atau krim mata yang mengandung kafein.

Sayangnya, jika kita punya faktor genetik atau sudah mulai menua, mengatasi kantung mata tidak sesederhana mengompres mata. Ada beberapa tindakan estetika di klinik yang bisa dilakukan untuk mengoreksi penampilan.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Anak Butuh Periksa Mata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com