Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu Ejakulasi Dini? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 02/05/2024, 22:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Ejakulasi dini adalah kondisi saat pria tidak dapat mengontrol orgasme sehingga mengeluarkan sperma dalam waktu singkat saat penetrasi atau melakukan aktivitas seksual. Lantas, berapa lama waktu ejakulasi dini pada pria?

Ternyata, lama waktu ejakulasi dini yaitu dalam satu menit setelah terjadi penetrasi antara penis dengan vagina.

Untuk mengetahui lebih lanjut lama waktu ejakulasi dini, simak penjelasan berikut.

Baca juga: 3 Gejala Ejakulasi Dini yang Perlu Diperhatikan

Berapa lama waktu ejakulasi dini?

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang umumnya dialami pria. Ejakulasi dini dapat terjadi pada usia berapa pun, namun umumnya dialami pria yang usianya lebih muda.

Hal itu mengingat ejakulasi dan orgasme cenderung memakan waktu lebih lama seiring bertambahnya usia.

Dilansir dari Health Direct, penyebab ejakulasi dini bisa karena disfungsi ereksi, masalah kesehatan mental, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan penyalahgunaan obat.

Ejakulasi dini bisa terjadi kapan saja, seperti ketika foreplay atau melakukan aktivitas seksual sebelum penetrasi, saat berupaya memasukkan penis ke dalam vagina, maupun beberapa saat setelah penetrasi dimulai.

Namun menurut NHS, rata-rata waktu ejakulasi dini yaitu dalam 60 detik atau satu menit setelah hubungan seksual antara penis dan vagina atau penetrasi dimulai.

Ejakulasi dini bisa mengakibatkan munculnya kecemasan, stres, ketakutan, dan mengurangi keharmonisan rumah tangga.

Baca juga: Apakah Ejakulasi Memengaruhi Kesuburan Pria?

Meskipun ejakulasi dini sangat umum terjadi pada pria, seseorang perlu berkonsultasi dengan dokter apabila selalu mengalami kondisi ini setiap melakukan hubungan intim,

Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan dan/atau terapi untuk mengatasi ejakulasi dini.

Dikutip dari Verywell Health, obat untuk mengatasi ejakulasi dini bisa berupa krim, gel, atau obat semprot yang bertujuan untuk mengurangi sensitivitas pada penis.

Obat-obatan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) juga dapat diresepkan untuk mengatasi ejakulasi dini akibat stres atau depresi.

Para pria juga dapat menggunakan kondom tebal untuk menurunkan kepekaan terhadap rangsangan sehingga hubungan seksual dapat bertahan lebih lama.

Orang yang mengalami ejakulasi dini biasanya juga disarankan untuk melakukan senam kegel untuk meningkatkan kontrol terhadap ejakulasi.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini secara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com