Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dengan Cepat

Kompas.com - 18/05/2024, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Bekas jerawat hitam umumnya tidak berbahaya untuk kesehatan. Namun bisa menurunkan rasa percaya diri karena mengganggu penampilan.

Anda yang memiliki bekas jerawat hitam bisa memudarkannya dengan melakukan perawatan kecantikan, seperti chemical peeling dan mikrodermabrasi.

Namun, Anda bisa melakukan perawatan mandiri dengan menggunakan produk kecantikan dan bahan-bahan alami, seperti lemon dan gel lidah buaya.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat berikut ini.

Baca juga: Kenapa Bekas Jerawat Hitam Susah Hilangnya? Berikut Penjelasannya…

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan cepat

Bekas jerawat hitam tidak dapat hilang dengan sendirinya sehingga diperlukan perawatan tertentu untuk memudarkan tampilannya.

Namun, memudarkan bekas jerawat tidak bisa dilakukan secara instan dan memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk menghilangkannya secara permanen, bahkan hingga beberapa bulan.

Meskipun begitu, melakukan perawatan kecantikan dan penggunaan produk tertentu bisa mempercepat hilangnya bekas jerawat.

Disarikan dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan cepat yang bisa dicoba.

  • Bahan alami

Beberapa bahan alami dapat membantu untuk mengatasi bekas jerawat, meskipun beberapa orang mungkin perlu menghindarinya karena adanya risiko iritasi.

Beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk memudarkan bekas jerawat hitam, yakni rosehip oil, madu, lemon, dan lidah buaya.

Baca juga: Apakah Flek Hitam Bekas Jerawat Bisa Hilang dengan Sendirinya?

  • Asam salisilat

Asam salisilat, atau salicylic acid, adalah salah satu jenis bahan yang banyak ditemui pada produk perawatan kulit.

Asam salisilat sudah terbukti dapat membantu untuk membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, dan memudarkan bekas jerawat.

  • Retinol

Retinol dapat membantu untuk mengatasi inflamasi, mengurangi bekas jerawat, dan mempercepat regenerasi sel kulit.

Selain itu, retinol juga dapat mencerahkan warna kulit yang tidak rata karena bekas jerawat, termasuk pada orang-orang dengan kulit yang gelap.

  • Alpha hydroxy acid (AHA)

Alpha hydroxy acid (AHA), atau asam hidroksi alfa, dapat meningkatkan kecepatan regenerasi sel kulit sehingga kerap direkomendasikan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com