Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2015, 15:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ribuan siswa Sekolah Dasar (SD) di Surabaya melakukan sikat gigi massal di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Rabu (16/9/2015). Mereka diajarkan bagaimana menggosok gigi yang benar dalam pembukaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang keenam.

Ribuan siswa SD dari berbagai sekolah itu dipandu oleh mahasiswa fakultas kedokteran gigi universitas setempat, dengan membawa miniatur gigi dan sikat. Dengan alat peraga yang dibawanya, para pemandu menunjukkan cara menggosok gigi dari bagian samping, atas, bawah dan dalam.

Bulan Kesehatan Gigi Nasional digelar atas kerjasama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) dan PT Unilever Indonesia Tbk selaku pihak swasta. 

Head Of Profesional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia Tbk, drg Ratu Mirah Afifah, mengatakan, kegiatan BKGN merupakan upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan.

"Kami sengaja menanamkan bagaimana cara menggosok gigi yang benar sejak dini, karena cara tersebut pasti diingat anak-anak sampai tua nanti," ujarnya.

Kegiatan yang digelar hingga 28 November tersebut juga bertujuan mengedukasi serta membiasakan masyarakat merawat kesehatan gigi serta memeriksakan diri ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. 

"Kami juga membuka layanan kesehatan gigi gratis, menjangkau 50 ribu lebih masyarakat di 25 PDGI Cabang, dan 20 rumah sakit gigi dan mulut di fakultas kedokteran gigi di 14 kota di seluruh Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com