Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kadar Asam Urat dalam Darah

KOMPAS.com – Terdapat sejumlah makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Berbagai makanan ini penting dikenali terutama oleh orang-orang yang memiliki faktor risiko untuk penyakit asam urat maupun orang-orang yang telah didiagnosis mengalami penyakit ini.

Orang-orang yang memiliki faktor risiko untuk penyakit asam urat atau gout perlu membatasi atau menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah untuk mereda kemungkinan terkena penyakit ini.

Sementara, penderita penyakit asam urat penting membatasi atau menghindari makanan tersebut untuk mencegah kekambuhan serangan asam urat maupun sebagai upaya menekan penyakit.

Makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat

Melansir WebMD, penyakit asam urat adalah penyakit kronis umum yang memengaruhi persendian.

Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam aliran darah yang membentuk kristal asam urat di dalam persendian.

Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki

Asam urat adalah produk sampingan yang dibuat ketika tubuh mencerna makanan yang mengandung purin.

Pada umumnya, tubuh manusia sanggup mencerna dan mengeluarkan sebagian besar purin tanpa kesulitan, namun hal ini memang tidak bisa selalu terjadi.

Jika sistem pencernaan Anda tidak dapat sepenuhnya memproses purin atau Anda makan terlalu banyak purin secara teratur, Anda mungkin mengalami kelebihan asam urat dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah purin yang kita konsumsi untuk mencegah kenaikan kadar asam urat dalam darah.

Dilansir dari Medical News Today, bagi sebagian orang, melakukan perubahan pola makan dapat membantu mengurangi risiko terkena asam urat dan terjadinya serangan penyakit asam urat.

Selain makanan yang mengandung purin tinggi, seseorang juga perlu membatasi atau menghindari makanan yang bisa membantu tubuh memproses purih lebih efektif untuk mencegah kadar asam urat tinggi.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah tersebut:

Faktor risiko penyakit asam urat selain pola makan kurang sehat

Melansir Health Line, dalam banyak kasus, penyebab pasti penyakit asam urat atau kadar asam urat dalam darah tinggi tidak diketahui. Kondisi ini mungkin terjadi karena kombinasi dari sejumlah faktor.

Selain penerapan pola makan kurang sehat, berikut adalah beberapa hal yang bisa menjadi faktor risiko penyakit asam urat:

  • Obesitas: Penelitian telah menemukan peningkatan prevalensi asam urat di antara orang-orang yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan daripada individu yang memiliki berat badan normal, terlepas dari jenis kelamin atau ras
  • Jenis Kelamin: Asam urat lebih cenderung menyerang pria karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. Setelah menopause, kadar asam urat meningkat pada wanita menjadi lebih mirip dengan pria, dan risiko asam urat meningkat
  • Kondisi medis: Beberapa kondisi kesehatan dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat, seperti penyakit ginjal, diabetes, sindrom metabolik, dan tekanan darah tinggi
  • Riwayat keluarga: Seseorang lebih mungkin terkena penyakit asam urat jika anggota keluarganya yang lain telah didiagnosis menderita penyakit ini
  • Usia: Pria biasanya mengalami asam urat antara usia 30 hingga 50 tahun dan wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena asam urat setelah menopause

Jika mengalami kondisi di atas, siapa saja dapat berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan langkah terbaik dalam pencegahan penyakit asam urat.

https://health.kompas.com/read/2021/08/02/163100668/6-makanan-yang-bisa-meningkatkan-kadar-asam-urat-dalam-darah

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke