Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Agar Tidur Tidak Terganggu Selama Ramadhan

KOMPAS.com - Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Pakar teknologi tidur dari London Sleep Centre, Kate Bridle, juga mengatakan bahwa rutinitas tidur yang terganggu dapat memengaruhi fungsi siang hari, mengurangi perubahan, menyebabkan gangguan mood, dan meningkatkan risiko cedera.

Kurang tidur juga mempengaruhi hormon dalam tubuh yang mengontrol nafsu makan.

“Ketika kurang tidur, nafsu makan Anda meningkat, membuat puasa selama Ramadhan menjadi lebih sulit," ucap Bridle.

Saat Ramadhan, rutinitas tidur kita biasanya mengalami perubahan. Kita diharuskan bangun sekitar pukul 3 dini hari untuk makan sahur.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Agar perubahan rutinitas pola tidur tidak mengganggu kesehatan, kita bisa mencoba untuk mengatasinya dari kuantitas dan kualitas tidur kita.

Jadi, cobalah untuk mendapatkan jumlah tidur yang sama selama periode 24 jam. Biasanya, kebanyakan orang akan tidur pada malam hari selama tujuh hingga delapan jam dalam hari.

Namun, selama ramadhan hal itu tentu tidak memungkinkan. Jadi, cobalah untuk menebus tidur malam yang hilang saat siang hari jika memungkinkan.

Buatlah rencana sebelum ramadhan yang sesuai dengan jadwal Anda dan dapat Anda patuhi sebaik mungkin.

Misalnya, cobalah tidur jam 11 malam dan tidur empat jam setelah buka puasa, lalu bangun jam 3.30 pagi untuk sahur dan subuh dan kembali tidur sekitar jam 5 pagi selama dua jam.

Rutinitas baru ini mungkin berarti mengorbankan atau mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bersosialisasi atau untuk kegiatan santai, tetapi hal itu penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Apa pun rencana yang Anda buat, cobalah untuk tetap pada rutinitas yang sama setiap hari. Tubuh kita merespons rutinitas dengan baik.

Selain menjaga kuantitas tidur selama periode 24 jam, Anda juga perlu menjaga kualitas tidur Anda.

Pastikan lingkungan tidur Anda tenang dan gelap agar Anda bisa tidur nyenyak.

Pola makan juga penting untuk kualitas tidur. Banyak orang mengonsumsi makanan berat, sarat kalori, dan kaya gula saat berbuka puasa.

Jenis makanan ini secara signifikan akan mengganggu kualitas tidur Anda karena tubuh Anda akan berusaha mencernanya ketika perlu tidur dan istirahat.

Hindari makanan yang sangat pedas karena apisan perut sensitif pasca puasa.

Membiasakannya dengan makanan pedas saat berbuka akan menyebabkan penumpukan gas dan mulas, yang menyebabkan gangguan tidur di malam hari.

Hindari makanan yang digoreng seperti samosa, gorengan dan lumpia. Makanan ini sarat dengan lemak yang tidak dapat diproses oleh hati, sehingga disimpan sebagai jaringan lemak.

Jenis makanan tersebut juga merusak saluran pencernaan dan menyebabkan keasaman, yang pada gilirannya menyebabkan gangguan tidur.

Selain itu, hindari kopi dan produk yang mengandung kafein. Kafein tetap berada di sistem pencernaan selama sekitar tujuh jam, yang tentunya mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Anda juga perlu menghindari makanan olahan dan tinggi garam karena menyebabkan dehidrasi.

https://health.kompas.com/read/2022/03/30/160000768/tips-agar-tidur-tidak-terganggu-selama-ramadhan

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke