Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Chia Seeds untuk Kesehatan

KOMPAS.com - Chia seeds merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipakai untuk membuat puding atau menjadi pelengkap dalam membuat overnight oat.

Chia seeds sering digunakan karena dinilai bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa biji-bijian yang sudah lama digunakan di berbagai negara ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

1. Mengurangi radikal bebas

Menurut penelitian yang terbit pada Journal of Food Science and Technology di tahun 2016, chia seeds merupakan sumber antioksidan yang baik.

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa antioksidan yang terkandung pada chia seeds membuatnya tidak cepat basi.

Tidak hanya itu saja, antioksidan tersebut juga berguna untuk manusia karena bisa menetralkan radikal bebas yang bisa merusak sel di dalam tubuh.

Melansir WebMD, mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti chia seeds, bisa menghindarkan tubuh dari beberapa jenis penyakit, antara lain penyakit jantung, menurunnya fungsi kognitif, serta menghindarkan dari beberapa jenis kanker.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Healthline menyebutkan bahwa chia seeds kaya akan serat serta Omega-3 sehingga bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Fungsi serat larut, seperti yang dimiliki oleh chia seeds, diteliti dan diterbitkan di dalam Journal of Chiropractic Medicine pada tahun 2017.

Menurut penelitian tersebut, konsumsi serat larut bisa membantu dalam menurunkan LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga risiko terkena penyakit jantung bisa dihindari.

Selain itu, WebMD menyebutkan bahwa chia seeds mengandung kuersetin yang berguna untuk meningkatkan kesehatan, termasuk penyakit jantung.

 

3. Memperbaiki level gula darah

Kandungan serat yang dimiliki oleh chia seeds juga dikatakan bisa membantu dalam mengatur gula darah.

Salah satu penelitian dari Kanada di dalam European Journal of Clinical Nutrition di tahun 2013 menunjukkan bahwa roti yang mengandung chia seeds membantu menurunkan gula darah setelah 2 jam mengonsumsi roti tersebut.

Meskipun begitu, Healthline menekankan bahwa penelitian tambahan mengenai manfaat chia seeds untuk menurunkan level gula darah masih perlu diperbanyak.

4. Membantu menurunkan berat badan

Anda yang sedang melakukan program diet pasti sudah sering memanfaatkan chia seeds untuk dicampurkan di berbagai jenis makanan.

Chia seeds sendiri tidak memiliki rasa apapun sehingga sangat cocok digabungkan dengan makanan, atau bahkan minuman lain.

WebMD menjelaskan bahwa mengonsumsi chia seeds setidaknya 1,5 sendok makan akan berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan serat harian sebesar 39 persen.

Serat larut yang terkandung di dalam chia seeds akan menyerap air dan mengembang di dalam perut sehingga membuat Anda merasa kenyang ketika mengonsumsinya dan bisa menekan nafsu makan yang sangat berguna dalam program diet.

 

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Melansir Healthline, chia seeds memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium.

Dengan mengonsumsi chia seeds setiap hari, WebMD menjelaskan bahwa kebutuhan kalsium akan terpenuhi sekitar 18 persen.

Healthline menambahkan bahwa meskipun tidak banyak penelitian mengenai manfaat chia seeds ini pada manusia, kandungan yang dimilikinya mungkin akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

https://health.kompas.com/read/2022/09/03/120000768/5-manfaat-chia-seeds-untuk-kesehatan

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke