Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Time Line Terapi Hapus Trauma Masa Lalu

Kompas.com - 27/02/2008, 19:47 WIB

PERNAH marah, kecewa, sedih, terpukul, atau apa saja yang sifatnya emosional? Tahukah Anda, semua itu tersimpan di dalam pikiran bawah sadar, dan akan tetap di sana sampai kita mengambil pelajaran darinya? Lewat Time Line Therapy, Anda dapat menghilangkan akar kenangan pahit kehidupan.

Adalah Issa Kumalasari, yang mengembangkan Time Line Therapy (TLT) di Indonesia. TLT adalah teknologi menghilangkan emosi negatif berupa akar pahit dengan mudah dan santai, yang hasilnya berjangka panjang. Tujuan terapi ini adalah hidup yang lebih baik, sehat, dan mendapatkan apa yang Anda inginkan.

TLT mampu mengakses pikiran bawah sadar, yang secara kebetulan terjadi secara tidak sadar pula. Menurut Issa, pikiran bawah sadar adalah bagian penting dari pikiran kita yang secara tidak sadar memengaruhi kehidupan. Percaya tidak percaya, katanya, pikiran bawah sadar adalah sumber untuk setiap pembelajaran, perubahan, dan perilaku kita sehari-hari.

Temukan Time Line
Bagaimana cara kita menemukan time line? ”Cuma dengan membayangkan sejenak siapa yang menjalankan tugas mengedipkan mata, memacu denyut jantung, atau memproses makanan di dalam perut. Ada banyak hal yang mungkin tak terpikirkan oleh kita sebelumnya. Itu semua adalah pikiran bawah sadr kita yang selalu menggerakkannya,” kata Issa.

Lalu, siapakah kita sekarang? Kita adalah sebuah koleksi memori yang terekam bertahun-tahun kemudian yang selanjutnya memengaruhi segala tindak tanduk kita.

“Sekarang coba pikirkan, Anda bangun di pagi hari yang segar, sinar matahari yang hangat menyelinap masuk ke sela-sela gorden kamar tidur. Coba ingat siapakah nama Anda? Yang jelas, Anda tahu persis pada saat kita bangun dan tahu bahwa Anda adalah Anda. Bisa dibayangkan kalau pikiran bawah sadar Anda tidak mengelola memori? Mungkin Anda akan lupa nama Anda setiap bangun pagi. Apa jadinya?” tanya praktisi hipnosis dari Lembaga Prima Motivasi ini.

Demikian pula saat Anda ditanya nomor telepon rumah kerabat. Dalam hati, Anda berpikir untuk mengatakan dalam hati di mana nomor-nomor itu disimpan? Ada di suatu tempat bukan?  Issa yakin bahwa pembaca GHS percaya dengan pikiran bawah sadar. Kalau Anda tidak percaya, siapa lagi yang bisa Anda percaya?

Lewat TLT ini, katanya, kita bisa membersihkan emosi negatif, kepedihan, akar kecemasan, menghilangkan ketidakpercayaan, menghilangkan fobia, trauma, dan depresi. Selain itu, TLT juga bisa dipraktikkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan, menghilangkan kebiasaan jelek seperti merokok, dan menurunkan berat badan.

Bagaimana mendatangkan atau mengetahui time line? Berikut adalah metode yang Issa ajarkan:

1.Ingatlah sesuatu hal yang telah terjadi bulan lalu, setahun, atau 2-10 tahun lalu. Contohnya, kapan Anda membayar tagihan telepon bulan lalu?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com