Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Serbuan Obat Impor China

Kompas.com - 11/01/2010, 03:55 WIB

Jakarta, Kompas - Penerapan Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN-China dinilai akan memperketat persaingan bisnis obat di Indonesia, terutama obat generik bermerek. Untuk itu, pelaku usaha farmasi lokal dituntut lebih efisien dalam produksi.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia Anthony Ch Sunarjo, Minggu (10/1) di Jakarta, pasar farmasi di Indonesia kian prospektif.

Saat ini total nilai omzet produk farmasi secara nasional Rp 30 triliun dalam setahun dan 85 persen di antaranya termasuk produk farmasi dalam negeri.

Pada tahun 2010, pasar farmasi di Indonesia diperkirakan tumbuh 8 persen seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat.

Dengan penerapan Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) ASEAN-China, obat-obatan impor dari China akan menyerbu pasar Indonesia.

Apalagi harga sebagian obat dari China lebih murah dibandingkan dengan produksi lokal. ”Ini ancaman bagi industri farmasi lokal,” ungkap Anthony Ch Sunarjo.

Hambatan nontarif bagi impor obat dari China, seperti izin edar dan persyaratan cara produksi obat yang baik, diperkirakan bisa segera diatasi oleh negara tersebut.

”Dengan pola Pemerintah China, persyaratan itu akan bisa dipenuhi dalam 2-3 tahun ke depan,” ujarnya.

Di sisi lain, penerapan FTA tersebut bisa mengefisienkan produksi obat dalam negeri karena dengan FTA, bahan baku obat dapat diimpor dari China dengan lebih murah. Saat ini 80 persen dari bahan baku obat diimpor dari China, antara lain obat antikanker, obat bagi penderita diabetes, dan obat hipertensi.

”Pembebasan bea masuk bahan baku obat dari China sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap biaya pokok produksi obat,” ujar Anthony. Bea masuk bahan baku obat dari China relatif rendah, yaitu 0-15 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com