Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Berpuasa dengan Tidak Terpaksa

Kompas.com - 31/07/2011, 03:38 WIB

Menurut kamus bahasa Indonesia, puasa berarti ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. 

Apakah selama berpuasa kita tidak boleh makan? Tentu saja boleh makan karena kita tidak makan hanya pada batas waktu tertentu.

Puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan adalah puasa sepanjang hari. Kita tidak makan dan tidak minum sepanjang siang hari kurang lebih 14 jam, yaitu dimulai dari waktu imsak sekitar pukul 05.00 hingga maghrib sekitar pukul 18.00.

Untuk memudahkan pengertian, puasa bisa dianggap memindahkan jadwal makan. Biasanya kita makan sehari tiga kali, yaitu sarapan, makan siang, dan malam malam. Maka, selama bulan puasa, jadwal makan kita menjadi dua kali.

Sarapan kita ajukan menjadi makan sahur, makan siang diundur hingga sore sekitar pukul 18.00, bersamaan dengan makan malam yang disebut dengan buka puasa.

Setelah ini sepanjang malam, kita boleh makan dan minum seperti halnya siang hari.

 

Siapa saja yang harus puasa? Puasa dilakukan oleh semua orang, bangsa, dan agama apa pun. Puasa tidak hanya dikenal oleh umat Islam, agama lain pun mengenal puasa walaupun tentu cara dan waktunya berbeda.

Puasa akan menjadi lebih bermakna bila kita mau belajar mengerti maksudnya.

Pertama, sebelum puasa sebaiknya kita niat, yaitu ingin mendekatkan diri kepada Tuhan.

Selanjutnya, jangan pernah puasa karena terpaksa. Bila puasa dengan terpaksa, kita hanya akan merasakan beratnya menahan lapar dan haus sepanjang hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com