Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Remaja yang BERSIH

Kompas.com - 30/11/2012, 06:45 WIB

Tanggal 28 Oktober lalu, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kali ini kami ingin menuliskan tentang salah satu acara yang berlangsung di Kota Manado, Sulawesi Utara, berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Sadarkah teman-teman, sebagai remaja yang bakal menjadi penerus bangsa, kita harus menjadi generasi yang ”bersih” alias clean generation.

Sebenarnya, apa sih clean generation itu? Ehm, maksudnya generasi yang tak hanya bersih secara umum, namun juga merupakan generasi yang bersih secara mental, tindakan, dan spiritual.

Ini sebenarnya menjadi salah satu tujuan pemerintah dalam membentuk karakter bangsa. Maka dari itu, atas kesadaran bersama, pada 27 Oktober 2012, di Kota Manado, khususnya para siswa SMA Frater Don Bosco Manado, merayakannya dengan mengadakan seminar ”The Resistant of Narcotics & HIV/AIDS”.

Acara ini dihadiri Ajun Komisaris Besar Partikno dari Badan Narkotika Nasional Manado; Drs Johny Leo Sondakh Msi dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga; Jim Seimahuira Spi. MA dari itCenter sekaligus King David Ministries; dan Fenny Kilikily S Psi dari VCT RS RW Monginsidi Manado.

Seminar ini merupakan kerja sama organisasi King David Ministries, itCenter, Badan Narkotika Nasional, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta sekolah kami, SMA Frater Don Bosco Manado.

Kami mau menyinggung tentang King David Ministries. Organisasi ini bertujuan membentuk pemimpin baru dari kaum muda untuk menjadi sosok yang takut pada Tuhan dan diharapkan berhasil di bidang masing-masing. Di tangan mereka-lah Indonesia diharapkan maju. Salah satu aksinya, mengadakan seminar ”Clean Generation for New Indonesia”.

Kegiatan ini untuk memberi informasi tentang bahaya narkotika kepada siswa, membentuk mental siswa akan bahaya yang dari narkoba, menciptakan pola pikir tanggap menghindari penggunaan narkoba, dan menciptakan generasi yang ”bersih”, clean generation.

Beda HIV dan AIDS

Sekadar informasi, HIV dan AIDS itu berbeda loh. HIV (human immunodeficiency virus) adalah penyakit yang menyerang dan menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Adapun AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) itu sekumpulan gejala penyakit yang parah karena rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat HIV.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com