Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2013, 10:04 WIB

TANYA:
 
Saya mau tanya dok. Saya berusia 22th, menarche saya kelas 2 SMP. Awalnya tiap bulan dapet haid terus tapi makin ke sini jarang dapet haid dan saking jarangnya saya lupa terakhir haid kapan.
 
Selama tidak mendapat haid itu saya mengalami keputihan menahun. Tapi sekarang lagi haid tapi haid saya itu banyak sekali. Perut bagian bawah saya terasa pegal dok.
 
Pertanyaannya, kenapa ya dok kok bisa sampai keputihan seperti itu & menstruasi saya seperti itu ? Penyebabnya apa ? Kemungkinan kenapa? Soalnya saya belum pernah periksa ke dokter, dok. Takut dan belum ada uang cukup dok terimakasih mohon penjelasannyah
 
Anthi (Bandung)

JAWAB:

Anthi Yth,
Untuk masalah haid pada Nona, jangan terlalu agresif menyikapinya. Kalau memungkinkan anda datang kedokter kandungan untuk di USG. Kalau tidak ada miom atau kista, artinya aman. Tidak ada kelainan fisik. Jadi mungkin kelainannya psikis. Dan kalau kelainannya psikis, maka perlu perbaiki gizi, pola hidup, olah raga teratur dan cukup istirahat.

Keputihan yang muncul, selama tidak bau dan tidak gatal maka tidak perlu di obati. Upayakan kering saja dengan sering mengganti pakaian dalam. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com