Kompas.com - 13/05/2013, 13:53 WIB
Ilustrasi duduk di meja kantor ShutterstockIlustrasi duduk di meja kantor
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, sejak akhir 2011, saat bekerja di kantor saya lebih banyak duduk dan di depan komputer. Saya juga jarang melakukan  olahraga. Mulai pertengahan 2012, saya merasakan keluhan sakit pinggang. Saya  lalu  mencoba minum air putih sebanyak-banyaknya dan membiasakan berolahraga dua kali dalam seminggu. Dengan kebiasaan itu, keluhan sakit pinggang  pun mulai hilang . Tetapi, akhir-akhir ini, sakit di bagian pinggang saya  kumat lagi. Bahkan kalau batuk pun, sangat juga mengalami  nyeri pinggang. Yang ingin  saya tanyakan, penyakit  yang sebenarnya saya alami dan bagaimana solusinya? Terima kasih.

(Anggara, 27, Yogyakarta)


JAWAB :


Saudara Anggara di Yogyakarta

Nyeri pinggang banyak faktor penyebabnya. Bagaimana Anda duduk, berjalan, naik kendaraam bermotor, berdiri, bahkan kebiasaan tidur, tempat tidur yang Anda gunakan dapat menjadi faktor pencetusnya.

Gangguan pada tulang belakang, otot, ligamen, tendon dan sayraf, hernia diskus, arthritis, keganasan, infeksi di sekitar tulang belakang Anda, penyakit di rongga panggul, perut, dan kelainan bawaam pada tulang belakang dapat menjadi penyebab nyeri pinggang.

Melihat keluhan nyeri pinggang yang Anda alami, nyeri timbul setelah anda banyak duduk di depan komputer dan membaik setelah Anda olahraga. Dengan umur Anda yang masih muda, berat badan juga masih normal, kemungkinan juga tidak pernah mengalami trauma pada tulang belakang sebelumnya, maka perkiraan saya nyeri pinggang yang Anda alami kemungkinan hanya disebabkan oleh kebiasaan duduk lama ini.

Bisa karena cara Anda duduk tidak tepat, tidak sehat, yang menyebakan cedera pada otot-otot,ligamen, tendon, atau bahkan kompressi pada tulang belakang. Walaupun demikian, bila keluhan itu tetap berlanjut, sebaiknya anda konsultasi ke internist, atau ahli saraf setempat.

Untuk, mencegah,  menjaga agar keluhan itu tidak kambuh lagi dan menjaga agar pinggang anda tetap sehat, kiat berikut ini mudah-mudahan dapat membantu:

1. Biasakanlah duduk, berdiri, berjalan, bahkan tidur dengan postur yang baik
2. Setiap satu jam Anda duduk, usahakan untuk berdiri, bergerak. Lakukan peregangan, relaksasi, 5 menit cukup.
3. Pastikan kursi yang Anda gunakan, kursi yang tetap, dapat menupang pinggang Anda dengan sempurna.
4. Lakukanlah olahraga, bisa jalan, berenang, sepeda paling tidak 30-40 menit setiap hari, 5 kali dalam seminggu.
5. Tidur juga dengan posisi yang benar, tempat tidur yang baik
6.  Jangan menganngkat sesuatu yang terlalu berat, apalagi dalam posisi membungkuk
7. Pertahankan berat badan Anda dalam batas normal.

Demikian, semoga dapat membantu

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X