Kompas.com - 09/07/2013, 11:56 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Rasa letih dan lelah sesungguhnya suatu hal yang wajar. Setelah beraktivitas seharian, tentu tubuh biasa dilanda kelelahan. Namun bila rasa letih terjadi terus menerus, atau datang saat kita tidak melakukan aktivitas berat, tentu harus diwaspdaai. Apalagi bila rasa lelah berhubungan langsung dengan penurunan stamina.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kenapa Anda gampang merasa letih dan lelah.  Seperti dilansir laman WebMD, setidaknya ada tiga alasan paling umum kenapa seseorang bisa gampak capek :

1. Apa yang Anda makan

Konsumsi kafein dan gula bisa menyebabkan seseorang merasa lebih lelah karena gula darah yang berfluktuasi drastis. Untuk keseimbangan gula darah yang lebih baik, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur, buah, dan sumber protein yang rendah lemak.

"Banyak orang merasa tidak mudah letih bila mengonsumsi makanan sehat. Menyantap makanan sehat berarti pertambahan berat badan yang sedikit dan mencegah obesitas yang merupakan faktor penyebab timbulnya lelah," kata  J. Fred Ralston Jr., MD, mantan presiden American College of Physicians.

2. Seberapa baik kualitas tidur

Anda mungkin memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang buruk.  Bagi mereka yang kekurangan jam tidur sebaiknya hindari kafein beberapa jam sebelum tidur, matikan televisi dan gadget, dan bikin suasana kamar yang tenang dan nyaman.

3. Seberapa sering olahraga

Ralson mengatakan, olahraga rutin adalah salah satu resep bagi yang kerap mengalami kelelahan. Olahraga atau latihan disarankan harus selesai 3 jam sebelum tidur sehingga tubuh mengalami cukup pendinginan.

Olahraga tak membuat letih. Olahraga justru memproduksi energi. Beberapa orang yang berolahraga justru tiak merasa letih dibandingkan yang tidak melakukan aktivitas fisik.

Halaman:
Sumber WebMD

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.