Kompas.com - 01/08/2013, 10:26 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com -
Stres punya cara khas menunjukkan dirinya pada seseorang. Gejala ini terkadang mudah dikenali dan aneh, karena muncul pada saat tertentu.

"Wanita kerap memiliki beberapa tanda fisik apabila terkena stres," kata Nancy Molitor Ph.D, psikiater dari Northwestern University Feinberg School of Medicine. Penelitian terbaru menemukan, stres dan emosi negatif lain berhubungan dengan buruknya kondisi fisik. Kondisi ini terjadi pada 15 ribu orang di 142 negara.

Stres dan kondisi penuh emosi merangsang tubuh memproduksi hormon yang disebut kortisol. Hormon ini akan mengacaukan sistem daya tahan tubuh, pencernaan, saraf, dan otot. Namun, gejala yang timbul kerap kali membuat emosi makin meningkat. Akibatnya, terbuka risiko serius pada terjadinya obesitas, depresi dan sakit jantung.

Berikut tanda stres yang dapat dikenali

1. Sakit perut
 
Gastroenterologis, Bincy Abraham, M.D. dari Baylor College of Medicine menjelaskan, sistem saraf otak berhubungan dengan pencernaan. Akibatnya, tekanan mental bisa berakibat pada  saluran pencernaan yang meliputi lambung dan usus.

Dokter bisa meresepkan obat pereda sakit, anti muntah, atau perubahan pola makan. Makan banyak serat bisa meredakan sakit perut karena stres, dengan merangsang produksi bakteri baik.

Pengobatan terbaik adalah olahraga. Olahraga merangsang hormon endorfin yang membuat pikiran dan pencernaan lebih baik.

2. Rambut rontok

Tiga sampai enam bulan setelah serangan stres, biasanya ditemukan lebih banyak rambut rontok atau kering daripada biasanya. Dikatakan tidak normal bila yang rontok lebih dari 100 per hari.

Dokter kulit Robert Segelmann MD dari Santa Barbara California mengatakan, produksi androgen yang meningkat saat stres mengakibatkan rambut rontok selama waktu tertentu. Selama kondisi ini berlangsung, disarankan makan dengan nutrisi seimbang. Asupan ini membantu sel cepat memperbaiki diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.