Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2013, 11:34 WIB


TANYA :

Prof, anak laki-laki saya sudah berumur hampir 12 tahun, belum aqil balik. Sudah waktunya disunat tetapi karena dia gemuk, penisnya kecil sekali kalau tidak sedang ereksi dan cuma keliatan ujung kulupnya saja. Seluruh batang dan kepala penisnya terbenam. Apakah dengan keadaan seperti itu dia bisa disunat? Dengan metode sunat apa yang terbaik untuk anak saya? Terima kasih

(M Hendra, 43, Jakarta)

 

JAWAB :

Banyak anak seperti anak Anda yang datang ke klinik. Banyak orangtua menganggap karena si anak gemuk, maka penisnya kelihatan kecil dan seolah terbenam.

Padahal yang benar ialah karena anak itu mengalami gangguan hormorn seks,maka menjadi gemuk, payudaranya tumbuh, dan penis serta testisnya tidak berkembang.

Kalau keadaan ini dibiarkan, maka anak itu akan mengalamu gangguan seksual dan kesuburan dengan kualitas hidup tidak baik.

Keadaan ini harus diatasi dengan pengobatan yang benar. Saya sarankan Anda mendapat pemeriksaan yang benar. Jangan terlambat karena umurnya sudah 12 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com