Kompas.com - 12/09/2013, 17:31 WIB
|
EditorWardah Fazriyati
KOMPAS.com — Rasa nyeri di dada tidak selalu menandakan gejala serangan jantung. Anda perlu mengenali rasa nyeri sebagai penanda munculnya penyakit lain, seperti robeknya pembuluh darah (diseksi) aorta. Untuk membedakannya, cara paling sederhana adalah dengan memperhatikan bagaimana rasa nyeri tersebut muncul.

Ahli jantung RSJPD Harapan Kita, dr Iwan Dakota, SpJP(K) menjelaskan, pada penyakit diseksi aorta, penderitanya merasakan nyeri yang disebut sebagai onbreak onset, yakni serangan atau rasa nyeri terjadi seketika, sedangkan nyeri pada serangan jantung yang disebut gradual onset, muncul cenderung meningkat perlahan.

"Pada penyakit diseksi aorta, penderitanya merasakan nyeri yang tajam seperti ditusuk. Sementara nyeri pada serangan jantung terasa lebih berat dan seperti ditekan," ungkapnya di Jakarta pada Rabu (11/9/2013).

Meski rasa nyeri di dada bisa menjadi penanda awal diseksi aorta, perlu ada pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi penyakit ini.

Pemeriksaan awal adalah elektro cardiography (EKG) dan enzim jantung. Pemeriksaan ini juga bisa membedakan apakah nyeri dada tersebut menandakan penyakit diseksi aorta atau serangan jantung.

Kalau hasil pemeriksaan EKG dan enzim menunjukkan adanya fluktuasi yang tajam, ini merupakan penanda penyakit jantung. Sementara, pada penyakit robeknya pembuluh darah aorta, hasil pemeriksaan EKG dan enzim cenderung normal dan tidak menunjukkan perubahan signifikan.

"Jadi, kalau merasa sakit di dada, dan hasil pemeriksaan EKG dan enzim cenderung normal, lakukan pemeriksaan berikutnya, misalnya magnetic resonance imaging (MRI)," ungkap dr Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.