Kompas.com - 01/10/2013, 06:58 WIB
EditorWardah Fazriyati
Tanya:
Dokter, anak saya berusia empat bulan, laki-laki dan minum susu formula dan juga ASI karena saya bekerja. Menurut artikel yang saya baca sebaiknya bayi baru diberi makanan tambahan usia enam bulan. Tapi saya lihat anak saya ini tampak sudah ingin makan. Setiap kali melihat ada orang makan ia berusaha memegang dan memasukkan benda ke mulut. Amankah jika ia saya perkenalkan pada makanan? Selain itu, makanan apa yang sebaiknya saya kenalkan untuknya pertama kali? Sejauh ini ia tidak ada tanda-tanda alergi.
Dian, Tangerang

Jawab:
Sistem pencernaan seorang bayi dipercaya mencapai kesiapan untuk menerima dan mencerna jenis makanan yang lebih bertekstur saat bayi mencapai usia 5-6 bulan, sehingga sangat dianjurkan untuk memulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI)/susu formula pada usia tersebut.

Ditakutkan apabila dimulai lebih awal, sistem pencernaannya masih belum sepenuhnya mampu mencerna jenis makanan yang bertekstur lebih kasar sehingga dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaannya.

Refleks mengecap-ngecap atau memasukkan setiap benda ke mulutnya memang dapat terjadi saat bayi berusia 3-4 bulan dan itu yang dinamakan mulai memasuki fase oral. Namun demikian hal tersebut belum berarti ia sudah siap menerima jenis makanan lain selain bentuk cair seperti susu/ASI.

Makanan yang dapat diberikan saat ia mulai siap adalah yang bertekstur lembut seperti bubur susu atau biskuit bayi dan buah-buahan yang banyak mengandung cairan seperti sari buah jeruk, pepaya dan sebagainya.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.