Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2013, 06:58 WIB
Tanya:
Dokter, anak saya berusia empat bulan, laki-laki dan minum susu formula dan juga ASI karena saya bekerja. Menurut artikel yang saya baca sebaiknya bayi baru diberi makanan tambahan usia enam bulan. Tapi saya lihat anak saya ini tampak sudah ingin makan. Setiap kali melihat ada orang makan ia berusaha memegang dan memasukkan benda ke mulut. Amankah jika ia saya perkenalkan pada makanan? Selain itu, makanan apa yang sebaiknya saya kenalkan untuknya pertama kali? Sejauh ini ia tidak ada tanda-tanda alergi.
Dian, Tangerang

Jawab:
Sistem pencernaan seorang bayi dipercaya mencapai kesiapan untuk menerima dan mencerna jenis makanan yang lebih bertekstur saat bayi mencapai usia 5-6 bulan, sehingga sangat dianjurkan untuk memulai memberikan makanan pendamping ASI (MPASI)/susu formula pada usia tersebut.

Ditakutkan apabila dimulai lebih awal, sistem pencernaannya masih belum sepenuhnya mampu mencerna jenis makanan yang bertekstur lebih kasar sehingga dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaannya.

Refleks mengecap-ngecap atau memasukkan setiap benda ke mulutnya memang dapat terjadi saat bayi berusia 3-4 bulan dan itu yang dinamakan mulai memasuki fase oral. Namun demikian hal tersebut belum berarti ia sudah siap menerima jenis makanan lain selain bentuk cair seperti susu/ASI.

Makanan yang dapat diberikan saat ia mulai siap adalah yang bertekstur lembut seperti bubur susu atau biskuit bayi dan buah-buahan yang banyak mengandung cairan seperti sari buah jeruk, pepaya dan sebagainya.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com