Kompas.com - 09/10/2013, 11:21 WIB
|
EditorWardah Fazriyati
KOMPAS.com - Eksperimen sederhana pada 30 peserta Zumba Fitness di Jakarta menunjukkan, kurang minum sebelum olahraga membuat latihan fisik menjadi tidak optimal karena dehidrasi. Namun kebanyakan minum juga membuat perut tak nyaman dan latihan pun kurang optimal. 

Sebelum memulai latihan Zumba Fitness bersama pelatih Liza Natalia, sebagian peserta minum 600 ml air putih, dan sebagian lagi tidak minum air. Setelah 30 menit melakukan Zumba Fitness yang mengandalkan stamina, sebagian peserta tampak kurang konsentrasi mengikuti setiap gerakan. Salah satu peserta dengan berat badan ideal, juga terlihat tidak energik. Ini didapati pemantau, dokter spesialisasi detoksifikasi, Riani Susanto, ND (Naturophatic Doctor), pada peserta yang tidak minum sebelum olahraga.

Sementara pada peserta yang mengonsumsi air putih sebelum melakukan Zumba, tampak lebih berenergi dan mampu mengikuti setiap gerakan latihan hingga kelas berakhir. Salah satu peserta dengan berat badan berlebihan, yang minum sebelum latihan, bahkan lebih mampu mengikuti latihan lebih maksimal dibandingkan peserta bertubuh ideal.

Riani menyarankan, 30 menit sebelum olahraga sebaiknya minum 1.200 ml air putih atau air mineral, bukan cairan lain seperti jus, dan lainnya. Air berfungsi sebagai anti-oksidan yang dibutuhkan sebelum berolahraga, mengantisipasi Oksigen yang banyak terbuang saat berolahraga.

Selain minum sebelum olahraga, untuk Zumba dengan intensitas tinggi, konsumsi air juga dibutuhkan di sela latihan, namun ada batasannya.

"Zumba merupakan olahraga yang memerlukan banyak alergi, minum tetap butuh tapi jangan terlalu banyak terutama saat sedang latihan," ungkap Liza seusai latihan Zumba di studio miliknya di Kemang, Jakarta Selatan.

Sebagai pengajar Zumba yang selalu memulai aktivitasnya setiap pukul 08:00, Liza menyarankan untuk tidak makan berat sebelum latihan. Air minum punya peran penting dan bisa membuat kenyang, jadi baik dikonsumsi pagi hari saat bangun tidur atau sebelum berolahraga.

Saat latihan, lanjut Liza, sebaiknya minum setelah 30 menit berolahraga. "Saya biasanya minum air putih saat rehat, 30 menit setelah latihan Zumba Fitness pertama pada pagi hari," terangnya.

Zumba, terutama Zumba Fitness, dengan intensitas tinggi memang membutuhkan banyak energi. Dengan 12-15lagu, 700 kalori bisa terbakar dari latihan ini. Satu gerakan juga bisa membakar banyak kalori dan membutuhkan banyak energi. Meski energi banyak terkuras, minum air putih perlu diatur.

"Hanya minum air saat diperlukan sewaktu latihan. Jika kebanyakan minum justru membuat olahraga tidak optimal karena perut terasa tak nyaman," ungkap Liza yang mengajar Zumba 2-3 jam per harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.