Kompas.com - 17/12/2013, 08:35 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Aspirin selama ini dikenal sebagai obat sakit kepala. Meskipun obat ini juga bisa digunakan di saat-saat darurat sebagai pengencer darah saat terjadinya serangan jantung. Namun sebuah penelitian baru menunjukkan, aspirin juga merupakan pengobatan yang efektif bagi sakit tenggorokan.

Menurut hasil penelitian para ahli dari University of Cardiff Common Cold Centre, dua tablet aspirin yang dilarutkan pada air efektif dalam mengobati sakit tenggorokan. Dengan catatan, larutan tersebut digunakan dengan cara berkumur, bukan ditelan. Efeknya akan berlangsung lebih dari enam jam.

Produk-produk pelega napas yang mengandung mentol juga diketahui bermanfaat untuk sakit tenggorokan. Ketua penelitian, Profesor Ron Eccles, mengatakan, produk-produk tersebut membantu menghilangkan sumbatan hidung dengan sensasi sejuknya.

"Selain itu, juga memperbaiki gejala sakit tenggorokan dengan aksi bius lokal," ujar staf pengajar di School of Biosciences, University of Cardiff ini.

Menurut para pakar di Waikato University, Selandia Baru, beberapa jenis madu juga dapat melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan. Madu, kata mereka, secara alami mengandung hidrogen peroksida yang memiliki kemampuan antibakteri.

Sementara itu, menurut penelitian asal University of Maryland, madu yang diberikan pada anak-anak sebelum waktu tidur dapat menekan batuk di malam hari. Bahkan, kata mereka, madu melakukannya lebih efisien ketimbang sirup batuk yang dijual bebas.

Cara yang unik lagi untuk mengobati sakit tenggorokan dengan efektif yaitu akupuntur telinga. Menurut Eccles, efeknya mungkin seperti plasebo, tetapi tetap memberikan manfaat yang baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.