Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2013, 11:59 WIB


KOMPAS.com - Setiap tahapan kehamilan membutuhkan asupan nutrisi yang sesuai, bahkan sejak mempersiapkan kehamilan hingga proses menyusui setelah bayi lahir. Nah, seperti apa nutrisi yang dibutuhkan pada saat persiapan dan tahap awal kehamilan? Berikut ulasan selengkapnya :

*PERSIAPAN KEHAMILAN

Calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi sebagai berikut:

-Asam folat. Terdapat pada sayuran hijau tua, kedelai, serelia, hati sapi, avokado, dan jeruk. Dibutuhkan sejak prakonsepsi hingga  kehamilan trimester pertama. Bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf pusat dan darah janin, serta mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat sistem saraf hingga 70 persen.

-Zat besi. Terdapat pada sayuran hijau, serealia, daging merah, hati, kuning telur, jeruk. Bila kekurangan zat ini, dapat menganggu siklusi pelepasan sel telur (siklus) calon ibu.

-Zat seng. Terdapat pada daging, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Bagi calon ibu zat ini membantu produksi materi generatik ketika pembuahan terjadi.
Adapun zat gizi yang dibutuhkan calon ayah adalah:

-Protein. Terdapat pada daging, ikan, telur, tahu/tempe. Berguna untuk meningkatkan produksi sperma.

-Seng. Terdapat pada daging, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Berguna untuk melancarkan pembentukan sperma.

-Fosfor. Terdapat apda susu dan ikan teri. Bila kekurangan zat ini, kualita sperma jadi menurun.

-Vitamin A dan E. Terdapat pada sayuran, hati, buah warna merah (vitamin A), tauge (vitamin E). Bila kekurangan zat ini, pembentukan sperma jadi terhambat.

Pentingnya susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik. Sumber kalsium lainnya didapat dari olahan susu seperti keju atau yogurt. Kalsium penting sebagai cadangan kalsium dalam tubuh sehingga organ tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik. Apalagi, pada masa pembuahan atau ovulasi, kalsium berperan dalam memberi energi pada sperma untuk bergerak menuju ovum. Kalsium berada di ujung depan sperma dan membantu  sperma menerobos membran sel telur. Ketika spema mencapai sel ovum, kalsium menciptakan calcium vibration (getaran kalsium) yang merangsang ovum melaksanakan pembuahan.

*AWAL KEHAMILAN

Pada masa awal kehamilan, calon ibu perlu memerhatikan asupan makanan demi mendukung pembentukan janin yang sehat. Pada trimester awal adalah masa perkembangan janin dalam pembentukan organ-organ penting.

-Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat. Sayangnya, kadang kebutuhan ini tak didapat secara maksimal lantaran ibu mengalami mual muntah. Karena itu, calon ibu perlu memiliki tekad yang kuat sehingga tak sampai kekurangan nutrisi, terutama karhohidrat yang kebutuhannya mencapai 2000 kilo kalori. Bisa didapat dari nasi, mi, roti, gandum, sereal, pasta. Lengkapi dengan sayur, buah, daging, ikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com