Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2014, 07:08 WIB

KOMPAS.com - Cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah mempercepat metabolisme. Ada banyak cara untuk meningkatkan metabolisme, namun akan lebih baik jika Anda memulainya sejak pagi hari.

Simak 5 cara membuat pagi lebih bersemangat sekaligus mempercepat metabolisme.

1. Olahraga
Memulai hari dengan berolahraga bukan cuma membuat kita lebih fit menjalani kesibukan, tapi juga membantu meningkatkan metabolisme dibandingkan berolahraga di waktu lainnya.

2. Tambah intensitas
Sebuah penelitian menunjukkan, menambah intensitas latihan olahraga sebanyak 2,5 menit bisa meningkatkan aktivitas metabolisme sepanjang hari.

3. Sarapan
Walau merasa dikejar kesibukan, jangan pernah melewatkan sarapan. Makan pagi akan membuat tubuh dan metabolisme berada dalam kondisi terbaiknya. Sarapan tak lama setelah bangun tidur juga akan membuat tubuh lebih siap membakar energi. Jangan lupa mengasup bahan makanan sumber protein, karbohidrat, dan vitamin.

4. Latihan beban
Jangan hanya melakukan latihan aerobik tapi juga tambahkan latihan beban saat berolahraga bagi. Membentuk otot berarti lebih banyak kalori yang terbakar.

5. Camilan menjelang siang
Bukan hal yang tak mungkin untuk tetap memiliki tubuh langsing meski hobi ngemil. Tapi pastikan camilan yang diasup adalah yang sehat. Pilihlah jenis camilan yang memiliki kandungan pembakar lemak seperti protein dan antioksidan. Misalnya buah-buahan, teh hijau, kedelai rebus, atau yogurt rendah lemak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com