Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2014, 17:54 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi jika kebahagiaan sangat berkaitan dengan kesehatan. Ya, rasa bahagia dapat membawa dampak positif bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Menurut sebuah studi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, kebahagiaan memiliki dampak positif dalam menurunkan kadar kortisol, hormon stres yang berkaitan dengan kondisi seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit autoimun.

Kebahagiaan bukan diperoleh dari mendapat banyak uang atau karir yang melejit, melainkan dari diri sendiri. Pemikiran positif terhadap diri sendiri dan kehidupan bisa membuat seseorang bahagia. Namun tidak semua orang berhasil untuk memperoleh kebahagiaan di dalam dirinya, karena itu langkah-langkah berikut mungkin dapat membantu.

1. Pikirkan sesuatu yang membahagiakan di awal hari
Gabrielle Bernstein, penulis buku May Cause Miracles, mengatakan, setiap kali terbangun di pagi hari, saat melihat cermin, pikirkan kebahagiaan. Ia menyarankan untuk mendengarkan musik favorit untuk membangkitkan perasaan itu.

2. Buang pikiran negatif
Alasan seseorang tidak bahagia adalah karena ia terlalu banyak memikirkan hal-hal negatif tentang dirinya atau orang lain. Karena itu Bernstein merekomendasikan untuk membuang pikiran tersebut. Cara yang sederhana namun membantu misalnya dengan memakai gelang, lalu ketika pikiran mulai dipenuhi oleh hal-hal negatif, maka baliklah gelang itu. Secara langsung ini akan menyadarkan Anda untuk segera melenyapkan pikiran negatif tersebut.

3. Lepaskan ego anak-anak Anda
Bila tanggung jawab dan komitmen sudah sampai membuat Anda stres, maka yang harus dilakukan adalah melepaskan diri sejenak dari hal-hal itu. Matikan komputer dan ponsel, lalu masuki ego anak-anak Anda. Ketika seseorang lebih menjadi anak-anak, maka ia akan lebih membuka kapasitasnya untuk rasa ingin tahu dan kreativitasnya. "Ini akan memberikan energi positif untuk melepaskan rasa tegang," ungkap Bernstein.

4. Tidur untuk memulihkan pikiran
Tidur merupakan aktivitas penting untuk mendapat kesehatan yang optimal, namun banyak orang yang melupakan manfaatnya untuk mencapai kesehatan mental dan emosi. Kurang tidur merupakan salah satu cara untuk mencegah kebahagiaan datang ke hidup Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+