Kompas.com - 18/10/2014, 13:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Manfaat ASI bagi tumbuh kembang bayi tak terbantahkan. Namun, agar program memberikan ASI eksklusif bagi bayi terwujud tentu diperlukan produksi ASI yang lancar.

Selain memperhatikan asupan nutrisi, yang tak kalah penting adalah manajemen laktasi. Misalnya saja ibu harus menyusui setiap beberapa jam sekali agar payudara menjadi kosong dan produksi ASI bertambah.

Menyusui pada malam hari juga dianjurkan karena hormon prolaktin yang berpengaruh besar dalam produksi ASI lebih aktif di malam hari.

"Jangan malas untuk bangun di malam hari dan menyusui bayi. Menyusui juga tidak harus pada dua payudara. Susui bayi pada satu payudara, sedangkan payudara sebelahnya dikosongkan dengan dipompa," saran dr.Melanie Yudia Iskandar, spesialis anak dari RSU Bunda Jakarta (17/10/2014).

Tidak sedikit ibu baru yang kesulitan memompa ASI sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Melanie mengatakan, memang diperlukan latihan agar ibu bisa memompa ASI dengan baik.

"Awalnya mungkin sedikit, tapi dengan terus dilakukan lama-lama akan menjadi bukit," katanya di acara perayaan 30 Tahun Philips Avent di Jakarta.

Ia menambahkan, keberhasilan menyusui dipengaruhi oleh dua hormon penting, yakni prolaktin dan oksitosin. Hormon oksitosin dikenal juga dnegan hormon kasih sayang, bertugas merangsang sel-sel payudara sehingga memicu keluarnya ASI dari pabrik ASI menuju saluran ASI.

"Hormon oksitosin ini ibaratnya adalah petugas distribusinya. Percuma kalau produksinya banyak tapi tidak ada yang mengantarkan," katanya. Hormon oksitosin dihasilkan jika ibu merasa rileks, nyaman, dan berpikiran positif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.