Kompas.com - 04/03/2015, 11:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski beberapa penelitian telah menunjukkan rokok elektronik berefek buruk bagi kesehatan, tapi sampai saat ini Indonesia belum memiliki regulasi mengenai rokok ini.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, rokok elektronik belum dikategorikan sebagai produk kesehatan. Rokok elektronik masih dikategorikan barang elektronik yang diperdagangkan di masyarakat.

"Jenisnya juga bermacam-macam, ada yang terdiri dari nikotin, ada yang tanpa nikotin namun lebih bervariasi karena adanya berbagai zat perasa," kata Tjandra dalam seminar "Dampak Konsumsi Rokok Elektronik pada Kesehatan Masyarakat" yang diadakan oleh Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik di Jakarta (3/3/15).

Ia mengatakan, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum pemerintah mengeluarkan regulasi. "Kami sudah menerima usulan resmi dari BPOM, tapi masih perlu rujukan dan terus dibahas bentuk keputusan seperti apa yang akan dikeluarkan," katanya.

Namun, Tjandra mengakui bahwa beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan rokok elektronik tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan. Kandungan nikton dalam produk ini dapat menimbulkan efek kecanduan, adrenalin meningkat, dan denyut nadi meningkat.

Kepala Subdirektorat Pengawasan Rokok Direktorat Pengawasan Napza BPOM Lela Amelia mengatakan, kandungan yang ada di dalam rokok elektronik bisa mengancam kesehatan. Selain itu rokok ini juga bisa menjadi pintu masuk penggunaan obat-obatan terlarang.

"Artinya pemakai rokok elektronik dapat menjadi kecanduan serta berpotensi memakai obat terlarang seperti kokain dan sebagainya," kata Lela. (Purwandini Sakti Pratiwi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.