Telur Matang Dongkrak Nilai Gizi Salad Sayuran

Kompas.com - 09/04/2015, 13:10 WIB
Shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Para penggemar sayuran mentah mungkin dapat mencoba menambahkan telur matang ke dalam salad. Studi terbaru menemukan mencampur telur dengan sayuran mentah meningkatkan penyerapan karotenoid sembilan kali lipat di dalam tubuh.

Riset dari Purdue University, Indiana menyajikan kepada 16 peserta penelitian tiga variasi makanan : salad tanpa telur, salad dengan separuh telur dan salad dengan tiga telur.

Ternyata terdapat peningkatan sembilan kali lipat penyerapan karotenoid dari salad yang diberi tiga telur. Bahan-bahan yang menyehatkan dari sayur, mulai dari beta karoten hingga likopen, berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

"Masyarakat Amerika masih kurang mengonsumsi sayur dan dari penelitian ini kita mendapat jalan meningkatkan nilai nutrisi dari sayuran juga menerima manfaat nutrisi dari kuning telur," kata peneliti Wayne Campbell.

"Di saat makan di salad bar, pertimbangkan menambah telur matang ke dalam salad sayur mentah. Bukan hanya lutein dan zeaxanthin dari telur saja yang kita peroleh tapi juga nilai nutrisi dari sayuran yang meningkat karena terserap lebih baik," imbuhnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber TIME.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X