Kompas.com - 16/06/2015, 17:33 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Setiap orang sepertinya sudah tahu bahwa merokok bisa menyebabkan kanker paru. Tak hanya itu, merokok sebenarnya juga memicu berbagai jenis kanker, mulai dari kanker pankreas sampai leukemia.

Penelitian yang dimuat dalam JAMA Internal Medicine menyebutkan, merokok menyebabkan lebih dari 48 persen kematian dari 12 tipe kanker. Sekitar 80 persen kematian karena kanker paru dan juga 77 persen kematian karena kanker laring. Kanker utama yang disebabkan oleh kegiatan merokok antara lain adalah esofagus, ginjal, dan kanker lever.

Peneliti menganalisis data dari wawancara yang dilakukan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC). Secara umum, lebih kurang 168.000 orang mati karena kanker yang diakibatkan oleh merokok.

Walau jumlah perokok telah menurun dalam satu dekade terakhir, masih banyak yang harus dilakukan dalam pengendalian tembakau secara komprehensif.

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya rokok dan manfaat hidup tanpa rokok adalah dengan mengeluarkan aturan pelarangan iklan rokok di media luar ruang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Healthland
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.