Kompas.com - 06/08/2015, 17:40 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan eksportir rumput laut Kappaphycus yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Sangat disayangkan, jika hasil rumput laut itu tidak bisa dimanfaatkan di negara sendiri. Rumput laut segar ini pun akhirnya dikembangkan sebagai penangkal flu.

"Kita kembangkan bahan aktif alami bernama Alskinova dari rumput laut Indonesia sebagai antivirus, mencegah virus masuk ke dalam sel," ujar dokter Rudi Susilo, seorang Farmakolog dari Berlin, Jerman di Jakarta, Kamis (6/8/2015). Bahan alami dari rumput laut itu, kemudian diformulasikan dalam bentuk alar semprot Spartan dengan tambahan ekstrak tanaman Cistus atau dikenal dengan nama Pink Rock Rose.

Inovasi ini merupakan terobosan terbaru dari kerja sama penelitian di Indonesia dan Jerman, yakni PT Interbat, PT Quasar Husada, dan Evoria GmbH Jerman. "Ekstrak Cistus yang tinggi kadar polifenolnya juga sebagai antivirus, antiradang, antibakteri, mempercepat penyembuhan flu," lanjut Rudi. Brand Manager Spartan Mohamad Nurhadi mengungkapkan, obat semprot Spartan akan bekerja melapisi mukosa dalam mulut dan menangkal virus yang masuk, serta mencegah perkembangbiakan virus dalam sel. "Alskinova mempunyai fungsi mencegah virus masuk ke dalam sel. Kita juga punya Cistus untuk mencegah flu berkembang biak," jelas Nurhadi.

Flu merupakan penyakit yang paling sering menyerang tubuh kita. Penularannya pun bisa terjadi sangat cepat, dari satu orang ke orang lain di sekitarnya jika daya tahan tubuh lemah. Menurut Nurhadi, obat semprot Spartan dari bahan alami ini sangat efektif untuk mencegah flu kapan pun dan di mana pun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.