Kompas.com - 23/08/2015, 19:40 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Saat sedang menstruasi, perempuan biasanya akan mudah marah, cenderung jadi malas, atau bahkan mengalami kram atau nyeri yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Nyeri saat menstruasi memang sangat tidak menyenangkan, mau bergerak saja rasanya sudah malas, apalagi kalau harus berolahraga.

Tetapi, sudah ada bukti kalau olahraga bisa membantu mengatasi kembung, melancarkan sirkulasi darah, dan juga meringankan kram akibat menstruasi. Hanya saja, hindari olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban dan olahraga lain yang terlalu melelahkan.

Olahraga yang disarankan selama menstruasi adalah yang ringan dan menenangkan. Berikut beberapa olahraga tepat untuk mencegah nyeri menstruasi.


1. Jalan cepat
Olahraga yang paling disarankan untuk mengurangi serangan kram perut adalah latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah. Salah satu caranya adalah dengan jalan cepat. Aktivitas ini akan membantu membentuk otot dan meningkatkan detak jantung. Anda bisa berjalan santai sambil mengelilingi lingkungan rumah selama 30 menit.


2. Lari santai
Lari sekarang ini sedang jadi tren. Nah, jika Anda salah satu penggemar olahraga ini, maka Anda bisa melakukannya selama menstruasi. Tapi, jangan terlalu memaksakan diri sehingga jadi terlalu lelah.

Sebelum berlari, usahakan minum banyak air putih. Ini akan membantu meningkatkan pemompaan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat. Selain itu, tingkat energi juga akan meningkat sehingga akan membantu sindrom menstruasi yang dialami secara alami.


3. Berenang
Berenang adalah salah satu cara yang paling tepat untuk berolahraga selama menstruasi. Lakukan gerakan yang santai dan lambat. Hindari melakukan gerakan agresif atau jarak yang terlalu jauh. Salah satu cara terbaik untuk bersantai, menghindari kram perut, sekaligus berolahraga, adalah dengan gaya punggung. Ini pasti akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan energi.


4. Yoga
Yoga termasuk salah satu olahraga yang sangat cocok dilakukan untuk meredam rasa sakit. Lakukan gerakan yang berfokus pada peregangan perut dan abdomen. Latihan pernapasan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.


5. Aerobik
Aerobik juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan keringat, sekaligus bersenang-senang dengan gerakannya yang enerjik. Olahraga ini bisa membuat Anda merasa lebih segar dan berenergi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.