Kompas.com - 26/08/2015, 10:51 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menurut studi terbaru, makan secara teratur dan mengemas sendiri bekal makan siang merupakan diet terbaik dan lebih sehat tentunya.

 

Pada sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Public Health Nutrition, para peneliti menemukan bahwa mahasiswa yang memasak sendiri makanannya di rumah dan mengonsumsi sarapan serta makan siang secara teratur,  memiliki diet yang lebih baik.

 

Mereka menghindari makanan cepat saji dan minuman manis serta lebih banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Orang-orang yang makan sambil berjalan atau sambil menggunakan media, cenderung lebih tidak sehat.

 

Rencana ke depan, sebaiknya kita mematikan televisi ketika sedang makan. Hal itu bisa menciptakan kebiasaan makan yang baik. "Selain mempertimbangkan pilihan makanan, penting juga untuk mempertimbangkan konteks waktu makan,” tulis para peneliti pada jurnal tersebut.

 

Para peneliti menyarankan, sebaiknya pemerintah Amerika mengembangkan pedoman diet yang berisi pola dan kebiasaan makan yang sehat dengan mengambil inspirasi dari negara-negara lain.

 

Sebagai contoh, para peneliti menyarankan untuk mengadaptasi kebiasaan makan orang jepang yang mengedepankan “komunikasi dengan keluarga saat di meja makan” dan “membangun ritme sehat dengan makan secara teratur mengikuti waktu makan yang sudah ditentukan”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.