Kompas.com - 02/09/2015, 08:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com – Diabetes bukanlah penyakit yang bisa diremehkan karena komplikasi yang ditimbulkannya. Namun, penyakit ini tidak akan menimbulkan masalah serius jika gula darah selalu terkontrol dengan baik.

Jika tidak terkontrol dengan baik, diabetes dapat menimbulkan komplikasi penyakit, seperti jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, hingga amputasi pada kaki.

Komplikasi penyakit itulah yang menurunkan kualitas hidup penderita diabetes. Untuk itu, penderita diabetes harus rutin mengecek gula darah.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang juga konsultan endokrin Tri Juli Edi Tarigan mengatakan, berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, rutin mengontrol gula darah dapat menurunkan risiko mobiditas, termasuk komplikasi sebesar 32 persen. Selain itu, pengecekan kadar gula darah juga menurunkan angka kematian sampai 51 persen.

“Monitor gula darah dalam jangka panjang bisa mencegah komplikasi penyakit karena juga bisa mengubah perilaku orang yang diabetes,” ujar Tri dalam diskusi Cegah Bahaya Komplikasi Diabetes di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Dengan mengecek gula darah, penderita diabetes bisa membandingkan bagaimana keadaan gula darahnya sebelum dan sesudah makan. Jika gula darah tinggi setelah makan, diabetesi dapat termotivasi untuk mengatur pola makan sehat. Atau membandingkan gula darah sebelum dan sesudah minum obat. Jika gula darahnya naik ketika tidak minum obat, diabetesi akan memahami mengapa minum obat itu penting untuk mengontrol gula darah.

Tri mengatakan, pengecekan gula darah secara teratur bisa dilakukan sendiri oleh pasien menggunakan alat yang mudah digunakan. Pasien kemudian mencatat riwayat kadar gula darahnya untuk memudahkan dokter memberikan terapi pengobatan yang tepat.

Pasien tentunya melakukan pengecekan gula darah secara mandiri dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu bagaimana cara pemakaiannya, kapan harus cek gula darah, atau bagaimana cara membaca kadar gula darah. Menurut Tri, pasien harus memiliki kemauan dan disiplin tinggi untuk rutin melakukan pengecekan gula darah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.